Walikota Banda Aceh Resmikan Balai Penyuluh KB Kutaraja

BANDA ACEH | AcehNews. Net – Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman, meresmikan Balai Penyuluh Keluarga Berencana (KB) Kecamatan Kutaraja, Kamis (20/1/2022). Dengan demikian ibukota Provinsi Aceh sudah memiliki sembilan balai penyuluh KB di sembilan kecamatan yang ada di Kota Banda Aceh.

Peresmian Balai Penyuluh KB tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua DPRK Banda Aceh, Usman, Anggota DPRK, Tati Mutia, Koordinator Bidang Advokasi, Penggerakan, dan Informasi (Adpin) BKKBN Aceh, Saflawi, Kadis Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Cut Azharida, Ketua PKK Nurmiati AR, dan tamu undangan lainnya.

Kadis P3AP2KB, Cut Azharida, dalam laporannya menyebutkan, pada tahun 2021 Pemerintah Kota Banda Aceh telah menyelesaikan dua unit pembangunan Balai Penyuluh KB yaitu di Kecamatan Baiturrahman dan Kutaraja. Pembangunan kedua balai penyuluh KB ini menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari BKKBN Pusat dan tanah milik Pemko Banda Aceh.

“Pak Wali, dengan diresmikan Balai Penyuluh KB Kutaraja, berarti sudah lengkap balai penyuluh kita sudah ada di sembilan kecamatan. Total balai penyuluh KB kita semua berjumlah sembilan,
setiap setiap kecamatan sudah ada satu balai penyuluh KB,” lapor Cut Azharida.

Selanjutnya ia menyampaikan, tujuan dibangun balai penyuluh KB di setiap kecamatan, untuk membantu kelancaran tugas penyuluh dalam program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencama (Bangga Kencana). Ia berharap dengan adanya balai maka para Penyulu KB di jajarannya bisa bekerja maksimal dalam menbina dan mewujudkan keluarga sejahtera.

Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman dalam sambutanya menyebutkan komitmennya di dalam mendukung program Bangga Kencana BKKBN. Ia pun berharap BKKBN dapat terus mendukung dan membantu pihaknya dalam percepatan penurunan stunting, sehingga bisa mencapai target 14 persen pada 2024. Serta mewujudkan keluarga sejahtera melalui program Bangga Kencana.

Walikota juga mengucapkan terimakasih kepada BKKBN Aceh yang telah memfasilitasi anggaran untuk pembangunan sembilan Balai Penyuluh KB di sembilan kecamatan di wilayahnya.

“Terima kasih kepada BKKBN Aceh yang telah memfasilitasi Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk pembangunan Balai Penyuluhan KB di Kota Banda Aceh. Kini Banda Aceh sudah memiliki sembilan Balai Penyuluh KB dan semoga dengan adanya balai ini bisa mempermudah dan memperlancar kinerja para penyuluh kita,” ucap Aminullah.

Koordinator Bidang Adpin Perwakilan BKKBN Aceh, Saflawi TR mengatakan, kehadiran Balai Penyuluh KB di Kota Banda Aceh ini tak terlepas dari andil Walikota, Aminullah Usman yang terus berupaya memberikan yang terbaik untuk warga kotanya dalam pelayanan program KB.

“Kita menilai Walikota Aminullah sangat mendukung program Bangga Kencana dan upaya pencegahan stunting di kota Banda Aceh, itu dibuktikan dengan penurunan angka stunting hingga 23,4 persen dan terbaik di Aceh,” demikian ucap Saflawi. (Desi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *