Wabup Pidie Resmikan Rumah Data Kependudukan

SIGLI | AcehNews. Net – Wakil Bupati Pidie, Fadhlullah TM Daud, meresmikan Rumah Data Kependudukan (Rumah DataKu) di Gampong Pulo Lhoih, Kecamatan Geumpang, Pidie, Provinsi Aceh, Kamis, (23/12/2021).

Dalam sambutannya, Wabup berharap peresmian Rumah DataKu dapat terlaksana secara sistematis, sinergis, dan berkesinambungan.

Menurutnya, keberhasilan berdirinya Rumah DataKu di Gampong Pulo Lhoih sangat ditentukan oleh kerjasama yang erat dengan semua mitra kerja mulai dari gampong sampai ke provinsi serta partisipasi aktif seuruh komponen masyarakat.

Sementara, Kepala Perwakilan BKKBN Aceh,Sahidal Kastri, menyampaikan pentingnya keberadaan Rumah DataKu dalam menjalankan setiap program pembangunan yang ada di gampong khususnya di Kampung Keluarga Berkualitas (KB).

Ia mengatakan, salah satu program yang mulai berjalan pada Januari 2022 mendatang dalam rangka mencapai visi dan misi BKKBN untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas yaitu membentuk Tim Pendamping Keluarga (TPK) yang berjumlah satu tim per gampong dengan tiga orang pemdamping, terdiri dari bidan desa, kader PKK, dan Penyuluh KB.

Lanjut Sahidal, program penurunan stunting di tingkat gampong oleh Tim Pendamping Keluarga tersebut akan berjalan maksimal dengan ketersediaan data keluarga yang berada di Rumah DataKu.

“Data-data yang tersedia di Rumah DataKu akan menjadi acuan dalam merencanakan pembangunan di gampong, ketika perencanaan sudah tepat maka tujuan yang diharapkan dapat tercapai dengan baik,” ungkapnya.

Hadir pada acara peresmian tersebut, Plt.Kadis Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Pidie, Nurmadani, Camat Geumpang, Bismi, unsur Forkopincam Geumpang, Keuchik Gampong Pulo Lhoih, serta para penyuluh KB. (Saniah LS)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *