Vaksinasi Siswa, Sosialisasi Guru dan Sekolah, Tingkatkan Dukungan Orangtua

BANDA ACEH | AcehNews.net — Shayra Kamilia Fathi, siswi kelas 3 SMP 6 Kota Banda Aceh, mengaku mengikuti vaksin setelah mendapat pemahaman dari gurunya. Ia pun jadi tahu manfaat vaksin di tengah wabah Covid-19 yang sedang melanda tanah leluhurnya, Aceh.

Sejumlah sekolah di Kota Banda Aceh menggelar vaksinasi siswa. Mengemuka, persentasi vaksinasi siswa terus meningkat di Aceh, setelah para guru dan sekolah terus giat melakukan sosialisasi kepada siswa dan orangtua.

“Saya mengikuti vaksin setelah mendapat pemahaman dari guru saya. Saya pun jadi tahu manfaat vaksin di tengah wabah Covid-19 yang sedang melanda,” kata Shayra Kamilia Fathi, siswi SMPN 6 Kota Banda Aceh.

Menurut siswi kelas 3 ini, kalau kekebalan kelompok sudah terbentuk kita sudah bisa berkumpul ramai-ramai lagi, sekolah pun bisa kembali ramai seperti dulu.

Siswa dan orangtua di sejumlah sekolah dalam Kota Banda Aceh mendukung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di lingkungan sekolah. Mereka berharap pembelajaran tatap muka dapat segera digelar kembali seperti sedia kala.

Hal tersebut mengemuka saat Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, Taqwallah, berkunjung ke sejumlah sekolah dalam Kota Banda Aceh untuk melihat langsung pelaksanaan vaksinasi siswa, Rabu, (29/9/2021).

Sekda Aceh datang bersama Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Alhudri dan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto. Adapun sejumlah sekolah di Kota Banda Aceh yang dikunjunginya itu adalah SMPN 6, SMPN 2, SMPN 7, MTsn 3, dan SMA 1 Banda Aceh.

Sementara itu, Sekda Aceh, Taqwallah, terlihat menyemangati para siswa yang mengikuti vaksinasi Covid-19. Ia berharap pembelajaran tatap muka dapat digelar kembali secara sempurna setelah seluruh siswa maupun santri divaksin.

“Wali kelas harus mendampingi muridnya yang sedang divaksin, mereka butuh dukungan agar tidak merasa takut,” ujar Taqwallah.

Pada kesempatan tersebut, Sekda menyempatkan diri untuk berdialog langsung dengan tim vaksinator, pendidik dan peserta didik di sekolah. Saat berdialog Sekda meminta kepala sekolah menyampaikan progres dan update capaian vaksin siswanya.

Salah seorang siswa SMPN 2 Kota Banda Aceh, Fatih Razan Bardia, secara terpisah, usai menerima suntikan vaksin Covid-19 mengatakan, tidak ada rasa sakit apapun yang ia rasakan pasca vaksin. Ingin terasa aman dari serangan virus corona menjadi motivasi dirinya mengikuti vaksinasi. Ia pun mengajak siswa lainnya untuk segera ikut menerima suntikan vaksin.

“Ikut vaksin ini sudah diizinkan orangtua,” kata Fatih.

Orangtua Mendukung

Disamping antusias siswa, wali murid pun ikut mendukung anaknya mengikuti vaksinasi. Ridwan Iriadi, salah satu wali murid siswa SMPN 2 Banda Aceh mengatakan, dirinya sama sekali tidak merasa takut anaknya menerima suntikan vaksin.

Berdasarkan pemahaman yang ia dapatkan vaksin berfungsi untuk melindungi diri dari penyakit Covid-19. “Program pemerintah yang baik tentu harus kita dukung,” kata Ridwan.

Nirbaya, wali murid siswa SMPN 7 Banda Aceh, berharap vaksinasi siswa dapat berjalan lancar dan pembelajaran tatap muka kembali bisa digelar. “Vaksin Covid-19 bermanfaat untuk melindungi diri dan orang lain dari penularan virus Corona,” demikian pungkasnya. (Saniah LS)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *