Tips Agar Naskah Dilirik Penerbit

AcehNews.net – Pernah bermimpi ingin jadi penulis? Pernah merasa susah menembus dunia editor? Nah, kamu berada diartikel yang tepat.

Berikut AcehNews.net bagi tips buat kamu yang punya hobi menulis dan pengen naskahnya dilirik penerbit. Ini ya yang wajib kamu ketahui:

1. Mengirim naskah dengan rapi.

Bahasa Indonesia, Peubi harusnya khatam dipelajari agar naskah menjadi rapi.
Tak sedikit orang merasa bisa menulis dan karyanya bagus, menawarkan cerita yang akan diminati pembaca. Jika hasil karya berbentuk naskah tulisan juga harus memiliki aturan atau kaidah-kaidah bahasa yang sudah ditetapkan.

2. Cerita yang Menarik untuk terus dibaca.

Kemudian, jika naskah yang diterima pihak penerbit dinilai sudah rapi, pihak penerbit, melalui para editor, akan mulai membaca naskah tersebut. Penilaian ini, tentunya akan melihat seberapa menariknya cerita yang disuguhkan. Kisah yang ditulis dengan bahasa sederhana, jika memang enak untuk dibaca pun bisa dipertimbangkan untuk terbit.

Nah, lima halaman pertama adalah penentu yang akan membuat editor terus membaca untuk pertimbangan. Untuk fase ini, biasanya naskah tidak hanya dibaca oleh satu editor saja. Tapi juga ada beberapa editor lain. Hal tersebut dilakukan untuk mencari pendapat lain, alias untuk mendapatkan second opinion kelayakan terbit.

3. Sertakan sinopsis lengkap.

Sinopsis yang dimaksud bukan seperti yang ada di cover belakang buku yang sudah terbit, melainkan sinopsis berupa ringkasan cerita secara menyeluruh.

4. Sertakan identitas.

Pastikan identitas tertera dan sampai ke meja redaksi penerbit. Jangan sampai, jika ternyata naskah tersebut layak terbit, tapi terpaksa dibiarkan karena tak tahu siapa penulisnya. Sayang sekali bukan, karya jadi gagal terbit karena tak ada identitas penulisnya.

Semoga setelah membaca tips ini, naskah kamu terpilih untuk diterbitkan ya! (Nita J)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *