Simeulue Nol Kasus Covid-19, Masyarakat Diminta Tetap Waspada Gelombang Ketiga

BANDA ACEH | AcehNews. Net – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nasional menetapkan Kabupaten Simeulue, sebagai satu-satunya daerah zona hijau di Aceh. Dengan demikian warna hijau kembali menghiasi Peta Zonasi Risiko Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) Aceh.

“Empat pekan berturut-turut Aceh kuning total, dan Alhamdulillah kini sudah ada satu kabupaten zona hijau, yakni Simeulue,” kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifulllah Abdulgani, kepada awak media massa di Banda Aceh, Kamis (25/11/2021).

Juru bicara yang akrab disapa SAG itu menjelaskan, Simeulue meraih status sebagai kabupaten tak (lagi) terdampak Covid-19 setelah tidak ditemukan satu pun kasus positif baru dalam sepekan terakhir, selama periode 15 hingga 21 November 2021.

Selain Kabupaten Simeulue, lanjut pria yang akrab disapa SAG, semua kabupaten/kota di Aceh masih zona kuning. Selain itu, lanjut SAG, di kabupaten/kota lain masih ditemukan kasus baru  meski satu kasus dalam kurun waktu yang sama.

“Meski tren kasus Covid-19 semakin turun, namun munculnya satu kasus baru dalam sepekan sangat berpengaruh terhadap status zonasi risiko suatu daerah,” jelasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya,  Aceh meraih zona kuning, zona risiko rendah, Covid-19 sejak 17 Oktober 2021, setelah Aceh Besar dan Subulussalam berhasil membebaskan diri dari zona oranye, zona risiko sedang Covid-19.

“Kasus aktif yang masih dirawat di Aceh makin berkurang, tinggal 25 orang,” sebut dia.

Meski di Aceh pasien yang dirawat tinggal sedikit, Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh, mengingatkan masyarakat agar tidak lengah dengan situasi penyebaran pandemi Covid-19 yang tengah mengalami penurunan. Sebab, potensi lonjakan kasus gelombang ketiga masih mengancam.

“Harus diingat juga bahwa pandemi ini belum berakhir. Kita harus melawan Covid-19 ini secara bersama-sama, hidup berdampingan dengan pandemi dengan protokol kesehatan dan vaksin Covid-19,” demikian ia mengingatkan.
(Saniah LS)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *