Selama Ramadhan, Setiap Hari Simeulue Hasilkan Sampah Hampir 25 Ton

SINABANG | AcehNews.net – Selama bulan Ramadhan 1440 Hijriah, Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kabupaten (DKLHK) Simeulue mencatat, volume sampah Kota Sinabang dan sekitarnya mencapai 74 meter perkubik atau 24,42 ton setiap hari.

Pada hari-hari biasa, volume sampah rata-rata yang diangkut setiap hari mencapai 15 ton. Artinya, jumlah sampah di bulan Ramadhan bertambah sebanyak sembilan ton setiap hari.

Kepala Dinas Kebersihan Simeulue, Riduan mengatakan, jumlah sampah tersebut yang diangkut tiap harinya itu merupakan jumlah akumulasi dari semua sampah yang ada di seputaran Ibu Kota. Seperti sampah rumah tangga, pedagang, dan pedagang musiman yang berjualan selama bulan Ramadhan.

“Itu baru sampah di seputaran Kota Sinabang, belum termasuk sampah dari Kecamatan lain,” ujarnya kepada AcehNews.Net pada Selasa (28/5/2019).

Setiap hari selama di bulan puasa ini, Dinas kebersihan mengerahkan lima unit truk dan sembikan unit roda tiga untuk mengangkut sampah.

Riduan mengaku, bahwa dinas yang ia pimpim itu masih banyak kekurangan, baik dari segi sarana maupun prasarananya.

Untuk itu, dia sangat berharap kiranya masyarakat Simeulue khususnya penduduk seputaran Ibu Kota, agar tetap menjaga lingkungan dan mau membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.

“Kita masih belum bisa berbuat maksimal melayani Masyarakat. Untuk Kita maklumi bersama, karena sarana dan prasarana masih kurang. Untuk itu kami sangat berharap agar Masyarakat tidak membuang sampah sembarangan apa lagi membuang sampah ke laut,” demikian tandasnya.(Jenedi)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *