Satgas Penanganan Covid-19 Aceh Minta Masyarakat Hadang Virus Corona dari Sumber Penularan

BANDA ACEH | AcehNews. Net — Untuk meningkatkan kewaspadaan pada massa Pandemi Covid-19 ini, menurut Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh, setiap individu patut diduga diam-diam membawa virus corona (silent crrier corona).

Carrier adalah orang yang sudah terinfeksi virus corona namun tidak disadarinya karena tidak menunjukkan gejala penyakit.

Hal ini disampaikan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani atau yang akrab disapa SAG, kepada AcehNews. Net, Sabtu (29/5/2021) di Banda Aceh.

“Kita mesti hadang virus corona dari sumber penularannya untuk mencegah jatuh korban berikutnya,” ajak SAG. 

Lanjutnya, virus corona bersemanyam di dalam organ pernafasan utama pembawanya dan ia muncrat keluar tubuh bersama cairan (droplet) mulut dan hidung saat ia berbicara, batuk , atau bersinnya.

“Permukaan benda dan peralatan yang tercemar droplet pembawa virus itu menjadi infeksius dan menjadi media perantara Covid-19 bagi orang lain yang menyentuhnya,” urai SAG.

Karena itu, lanjutnya lagi, semua orang dianjurkan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, mengurangi mobilitas, dan mempersingkat durasi interaksi dengan orang lain.

“Protokol kesehatan itu untuk menghadang virus corona yang terdapat di dalam droplet sang carrier, agar tidak dapat menjangkau orang sehat, calon korban berikutnya,” jelasnya.

Selain menjalankan protokol kesehatan secara disiplin dan konsisten, SAG meminta kepada masyarakat, agapenyebaran virus corona dalam masyarakat dapat dihadang melalui kesadaran individual.

“Setiap individu wajib melindungi individu lain dan masyarakat di sekitarnya,” kata SAG.

Kesadaran individu melindungi orang lain sangat efektif menghadang penyebaran virus corona. Setiap orang yang mengalami gejala demam, batuk kering, hilang rasa dan bau, atau sulit bernafas, segera ke Puskesmas terdekat, dan langsung melakukan isolasi mandiri sesuai prosedur dan anjuran tenaga kesehatan.

Selanjutnya, Jubir Satgas Penanganan Covid-19 ini, menghimbau semua pihak agar tidak permisif terhadap orang-orang yang menunjukkan gejala Covid-19, tapi masih berkeliaran di tengah-tengah masyarakat.

“Pembawa virus yang tidak mengindahkan keselamatan orang lain itu mesti mendapat tindakan persuasif dari Satgas Penanganan Covid-19 gampong,” tegasnya.

Ia juga meminta, semua harus bergerak dan proaktif mengalahkan virus corona supaya tidak makin leluasa menyebar dan menelan korban baru berikutnya.

Korban virus corona makin banyak di Aceh. Kasus baru Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) bertambah lagi 293 orang. Penderita yang sembuh juga bertambah 126 orang. Sementara itu, tujuh orang pasien Covid-19 dilaporkan meninggal dunia, dalam 24 jam terakhir. Semua pihak harus lebih aktif menghadang virus corona dari sumber penularannya.(Saniah LS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *