Rempah ini Bisa Hilangkan Lendir di Tenggorokan

AcehNews.net – Di masa pandemi Covid-19, berbagai cara dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan dan imun. Tak sedikit yang menjaga tubuh tetap fit dengan minum air hangat rendaman rempah, seperti jahe, kunyit, serai, cengkeh, kapulaga, atau kayu manis.

Nah ternyata nih, rempah juga bisa digunakan untuk menghilangkan lendir di dalam tubuh. Dokter Zaidul Akbar punya resep khusus untuk menghilangkan lendir dengan menggunakan rempah, seperti yang dikutip AcehNews.net di kanal Youtube dr. Zaidul Akbar Official yang diunggah pada 10 Agustus 2020 dan seperti dilansir PortalJember yang dipublis pada 18 Agustus 2021.

Penting Kah Lendir di Tenggorokan?

Ohya, sebelum kita mengetahui rempah apa yang digunakan untuk menghilangkan lendir seperti dahak, ada baiknya lebih dulu Anda mengenal apa itu lendir.

Lendir merupakan cairan yang pekat dan licin seperti dahak atau ingus yang dihasilkan oleh kelenjar bersel satu pada selaput lendir. Di mana permukaan yang dilapisi lendir akan selalu basah.

Adanya lendir dalam tubuh termasuk dalam tenggorokan dan dada sangat penting. Misalnya saja lendir pada tenggorokan berfungsi menjaga kelembapan area ini dan memerangkap benda serta organisme asing, seperti kotoran, debu, parasit, virus, dan bakteri, sehingga tidak masuk lebih dalam ke saluran pernapasan.

Namun dalam beberapa kondisi tertentu lendir dalam tenggorokan atau dada bisa banyak. Misalnya lendir dalam hidung turun dan menumpuk pada tenggorokan.

Nah, jumlah lendir yang terlalu banyak dan menumpuk, sudah pasti akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan terganggunya pernafasan.

Lendir biasanya diakibatkan oleh alergi seperti alergi debu atau serbuk sari, infeksi dan peradangan pada sinus, pilek dan flu, perubahan cuaca, dampak dari penggunaan obat-obat tertentu, dan masih banyak lagi.

Repah apa saja yang bisa menghilangkan lendir?

Menurut dr. Zaidul Akbar, banyaknya lendir dalam tubuh bisa menyebabkan beberapa penyakit. “Dalam pengobatan Islam itu ya, ada namanya penyebab penyakit itu akibat terlalu banyak lendir dalam tubuh,” kata dr. Zaidul Akbar.

Lebih lanjut, dr. Zaidul Akbar memberikan resep untuk menghilangkan lendir yang banyak yakni dengan rempah-rempah.

Menurut dr. Zaidul Akbar, paling sederhana itu ada beberapa resepnya, yaitu bunga lawang sama kapulaga.
Bisa juga dengan jahe, lengkuas, dan serai. “Nah itu resep buang lendir,” sebut dr. Zaidul Akbar.

Selain itu, dr. Zaidul Akbar mengatakan, jika lendir muncul dari makanan yang yang bersifat dingin atau lembab misalnya makanan yang mengandung santan, minyak, makanan olahan, dan tepung-tepungan.

Maka dari itu, dr. Zaidul Akbar menyarankan untuk menghindari makanan-makanan tersebut agar lendir di dalam tubuh tidak menumpuk. (Saniah LS/berbagai sumber)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *