Polda Aceh Tetapkan Mantan Kepala BPSDM Tersangka Kasus Korupsi Beasiswa 2017

BANDA ACEH | AcehNews. Net – Polda Aceh menetapkan tujuh tersangka kasus korupsi beasiswa tahun 2017 melalui gelar perkara yang digelar pada Selasa, (1/3/2022) di Banda Aceh. Salah seorang yang ditetapkan tersangka adalah mantan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Aceh berinisial SYR.

Ketujuh orang yang ditetapkan sebagai tersangka adalah pria unusual SYR selaku PA, FZ selaku KPA, RSL selaku KPA, FY sebagai PPTK, SM, serta RDJ, dan RK sebagai Korlap.

Dirreskrimsus Polda Aceh, Kombes Sony Sonjaya melalui Kabid Humas Kombes Winardy menyampaikan, bahwa di dalam gelar perkara, tujuh orang dinilai memenuhi unsur untuk dijadikan tersangka atas kasus korupsi dana pendidikan Aceh.

“Berdasarkan hasil gelar perkara, tujuh orang dinilai cukup unsur untuk ditetapkan sebagai tersangka,” sebut Winardy, pada Rabu, (2/3/2022) di Polda Aceh.

Pihak kepolisian juga sudah melaporkan gelar perkara penetapan tersangka tersebut baik ke Bareskrim Polri maupun Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Belum Terima Surat Penetapan

Mantan Kepala BPSDM Aceh, SYR, dikabarkan dalam kondisi Kesehatan yang tidak baik sebagaimana yang dimuat dikutip Acehnews. Net pada beritakini.co, terbit, 2 Maret 2022.

Kepada Beritakini.com, SYR mengaku Sudah mengetahui perihal penetapan dirinya sebagai TSK. Namun ia mengaku belum menerima surat penetapan TSK dari Polda Aceh. Namun demikian sebagai warga negara yang baik ia akan koorperatif menjalani proses hukum.

“Jika nanti dipanggil lagi oleh penyidik, saya siap hadir,” Katanya, sebagaimana yang dilansir beritakini.co.

Dugaan Anggota DPRA Terlibat

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Aceh memiliki anggaran pendidikan sebesar Rp21,7 miliar. Beasiswa tahun 2017, diplot oleh sejumlah anggota DPR Aceh periode 2014-2019. Sedangkan realisasi anggaran kepada 803 penerima berjumlah Rp19,8 miliar.

Berdasarkan hasil audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Aceh diketahui kerugian negara dalam dugaan korupsi beasiswa 2017 mencapai Rp10 miliar. Adanya dugaan korupsi, Penyidik Polda Aceh kemudian memeriksa 16 mantan anggota DPR Aceh masa periode tersebut.

Hingga berita ini diturunkan, Polda Aceh belum menetapkan lagi tersangka lainnya dari anggota DPRA. (Dania S/San)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *