Pertama di Aceh, Pusat Pelayanan Terpadu Pranikah Diluncurkan di Langsa

LANGSA | AcehNews. Net – Wakil Walikota Langsa, Marzuki Hamid, meluncurkan Pusat Pelayanan Terpadu Pranikah (PPTP), di Aula Setda Kota Langsa, Jumat (17/12/2021).

Tempat pelayanan untuk masyarakat ini guna menurunkan dan pencegahan stunting serta Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).

Dalam pidatonya, Marzuki Hamid mengharapkan, pelayanan terpadu pranikah dapat mewujudkan bimbingan yang maksimal dengan pola multi disiplin sehingga mampu melahirkan kehidupan rumah tangga pemula yang benar-benar berorientasi kebahagiaan hidup bersama dunia akhirat dalam satu rumah tangga yang sakinah mawaddah warahmah.

Wakil Walikota Langsa selanjutnya menegaskan, harus adanya kerjasama, semangat dan tanggung jawab moral yang lebih kuat serta lahirnya sinergitas yang berkualitas antara lembaga terkait, sehingga mewujudkan hal tersebut.

“Melalui acara launching Pusat Pelayanan Terpadu Pranikah, setiap calon pasangan pengantin dan keluarga dapat diarahkan mengikuti standar prosedur perkawinan di Kota Langsa sesuai peraturan Walikota dan diharapkan ke depannya, setiap rumah tangga di kota kita ini, menjadi keluarga yang tangguh, mandiri, harmonis, serta menjadi keluarga sakinah mawaddah warahmah,” Marzuki Hamid.

Sementara Kepala Perwakilan BKKBN Aceh Sahidal Kastri, mengatakan, bahwa Kota Langsa merupakan daerah pertama dari 23 kabupaten/kota di Aceh yang melaunching pusat pelayanan terpadu pranikah.

“Alhamdulillah baru Kota Langsa yang memiliki Pusat Pelayanan Terpadu Pranikah, terima kasih, saya tentunya sangat berbangga karena ini adalah upaya kita selaku penyelenggara pemerintahan sebagai upaya untuk mewujudkan sebuah keluarga berkualitas,” ujar Sahidal Kastri.

Kepala OPD KB Kota Langsa, Amrawati, menambahkan, dasar pelaksanaan Pusat Pelayanan Terpadu Pranikah dilaksanakan berdasarkan peraturan Walikota Langsa Nomor 26 Tahun 2021 tentang standar pelayanan prosedur perkawinan di Kota Langsa yang ditetapkan di Langsa pada 22 Juli 2001.

“Melindungi masyarakat khususnya perempuan di Kota Langsa dari hal-hal yang merusak generasi bangsa untuk mewujudkan keluarga dan masyarakat yang sehat sejahtera beriman dan berkualitas,” jelasnya.

Lanjutnya, Pusat pelayanan Terpadu Kota Langsa merupakan program pembinaan keluarga sejahtera ini, dibuka setiap Selasa pada pukul 09.00-13.00 WIB bertempat di gedung Kantor DP3A, Dalduk dan KB di Gampong Jawa Belakang, Kecamatan Langsa Kota.

“Tim pelaksana adalah dinas DP3A, Dinas kesehatan dinas kependudukan, dan pencatatan sipil, Kecamatan, gampong, BNN, Kemenag, PKK, Dinas Syariat Islam,” jelasnya lagi.

Turut hadir dalam acara launching tersebut, Kakankemenag Kota Langsa, Hasanuddin, Kepala BNN Langsa, AKBP Basri, perwakilan Polres Langsa, para Camat, Kepala Puskesmas, dan para Geuchik dalam wilayah Kota Langsa. (Saniah LS)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *