Penyuluh KB di Gayo Lues Ikut Pelatihan Pencatan Dan Pelaporan

BLANGKEJEREN | AcehNews. Net – Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) dan Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) di 11 kecamatan Kabupaten Gayo Lues,mengikuti pelatihan Reporting dan Recording (RR) atau pelaporan dan pencatatan.

Pelatihan berlangsung di aula OPD KB Gayo Lues, Senin, (21/2/2022), yang dibuka oleh Kepala Perwakilan BKKBN Aceh, Sahidal Kastri.

Sahidal Salam sambutannya mengatakan, pelatihan sangat penting untuk memberikan gambaran secara tepat tentang hasil hasil pelaksanaan program keluarga berencana, oleh karena itu Penyuluh Keluarga Berencana perlu mendapatkan pengetahuan dan wawasan tentang cara pencatatan dan pelaporan yang benar.

Selanjutnya Sahidal mengatakan, dengan dilaksanakannya pelatihan pencatatan dan pelaporan diharapkan dapat memahami dan mengerti tentang tata cara pengisian formulir kartu register pelayanan kontrasepsi (pelkon) dan pengendalian lapangan (Dallap) baik yang bersifat tahunan, bulanan, maupun harian.

Kepala OPD KB Gayo Lues, Yunidar menyebutkan, Pelabuhan terabyte berlangsung selama seminggu. Diharapkan dengan pelatihan ini Kabupaten Gayo Lues ke depan memiliki data akurat keluarga, mengingat Kabupaten Gayo Lues saat ini memiliki angka stunting tinggi.

“Gayo Lues, angka capaian keluarga berencana tertinggi di Aceh tentu saja ini hal yang perlu dipertahankan,” ucapnya.

Kepala OPD KB Galus, pada kesempatan itu meminta kepada para peserta agar mengikuti pelatihan dengan baik, supaya dapat mendata dengan akurat dan benar, saat melakukan pencatatan dan pelaporan secara online. (Echi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *