Pemko Banda Aceh Mulai Distribusi Raskin Hari ini

AcehNews.net|BANDA ACEH – Beras Miskin (Raskin) alokasi tahun 2016 untuk wilayah Kota Banda Aceh akan disalurkan hari ini, Kamis (03/03/2016). Pendistribuasi dimulai di Kecamatan Lueng Bata dan Syiah Kuala.

Tim Koordinasi Raskin Kota Banda Aceh, yang terdiri dari Sekretris Tim yang juga Kabag Ekonomi Setdakota Banda Aceh, Arie Maula Kafka, Kabid Sosialisasi Raskin Kota yang juga Kadinsosnaker, Fadhil S.Sos serta Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Kota Banda Aceh, T Samsuar, Rabu kemarin (02/03/2016) mengecek kesiapan stok dan kelayakan raskin di Gudang Semi Permanen (GSP) Bulog, Lambaro, Aceh Besar.

Tim disambut langsung Kabid Pelayanan Publik Perum Bulog Drive Aceh, T Bambang Sukri M dan mendampingi tim mengecek stok dan kondisi raskin di gudang tersebut.

Kata Bambang, stok yang akan mulai disalurkan besok merupakan raskin jenis premium dan kondisinya sangat layak dikonsumsi warga, yakni Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTS-PM).

“Raskin jenis premium ini dimulai di dua Kecamatan dulu, yakni Kecamatan Lueng Bata dan Syiah Kuala. Ini jatah bulan Januari, Februari dan Maret,” sebut Bambang.

Bambang merincikan, untuk jatah Lueng Bata akan disalurkan sebanyak 32,490 Kg dan Syiah Kuala sebanyak 32,355 Kg. Total jatah Banda Aceh pada 2016 ini jumlahnya mencapai 1,108,800 Kg, meliputi sembilan kecamatan.

Sementara itu, Staf Ahli Walikota Bidang Ekonomi dan Keuangan, T Samsuar menyarankan kepada pihak Bulog agar terus melakukan koordinasi dan komunikasi intens dengan pihak Pemko Banda Aceh. Sekecil apapun kendala dilapangan, T Samsuar menyarankan agar disampaikan ke pihak Pemko untuk dicarikan solusi secara bijak terkait penyaluran raskin.

“Kepada semua Keuchik, kita juga harus sosialisasikan agar raskin tidak lama disimpan di gampong, harus segera disalurkan untuk menghindari ada oknum-oknum yang melakukan penyelewengan, ini penting,” saran Samsuar.

Kabag Ekonomi Setdakota, Arie Maula Kafka memastikan pihaknya akan turun ke lapangan saat raskin disalurkan.

“Hari ini kami turun di dua kecamatan penerima distribusi raski, Lueng Bata dan Syiah Kuala. Hingga saat ini kami terus komunikasi dengan pihak kecamatan terkait teknis-teknis distribusi ke gampong-gampong,” ujar Arie Maula.

Selain untuk Kecamatan Lueng Bata dan Syiah Kuala, raskin juga disalurkan  untuk enam kecamatan lain di Banda Aceh yang akan disalurkan pada Senin (07/03/2016) di Kecamatan Baiturrahman dan Kutaraja. Masing-masing menerima distribusi raskin 32,670 Kg dan 20,700 Kg.

Sementara itu, Kecamatan Kuta Alam (jumlah raskin 40,635 Kg) dan Kecamatan Jaya Baru (jumlah raskin 26,010 Kg) akan dimulai Selasa (08/03). Kecamatan Banda Raya dan Ulee Kareng akan mulai disalurkan Kamis (10/03) dengan jumlah masing-masing 25,605 Kg dan 42, 570 Kg.

Terakhir pendistribusian di Kecamatan Meuraxa pada Jumat (11/03) dengan jumlah distribusi sebanyak 24,165 Kg. (Ads)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *