Mengkudu: Bikin Kulit Cantik Hingga Sehatkan Jantung

BLANGPIDIE | AcehNews. Net – Kini semua orang dapat dengan mudah mendapatkan manfaat buah mengkudu. Saat ini, olahan buah ini dijual sebagai jus, dalam bentuk kulit buah kering dan sebagai ekstrak kering dalam bentuk kapsul.

Buah mengkudu alias boh kuemuedee tersedia dalam jumlah besar di kawasan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh. Tanaman ini tidak dikembangkan secara khusus, melainkan hampir seluruhnya tumbuh liar di semak-semak dan biasanya di areal perkebunan dan area pantai laut.

Buah dengan bau menyengat ini ternyata dipengumpul harganya jika dikeringkan per kilogramnya capai Rp18.000,-.

Nah, dari potensi bernilai ekonomis ini, ternyata jenis buah-buahan berwarna hijau yang banyak ditemukan di Australia, India, dan Asia Tenggara ini, diyakini dapat mengobati berbagai macam penyakit salah satunya yang paling terkenal adalah bermanfaat untuk menurunkan kolesterol.

Bagaimana cara mengolahnya?

Cara mendapatkan manfaat buah mengkudu biasanya dengan mengolahnya menjadi jus atau mengonsumsi ekstrak mengkudu.

Namun, meski rasa mengkudu amat pahit, mereka yang merasakan manfaat bagi kesehatan, tetap mengkomsumsinya, sebagai minuman tambahan.

Apa saja manfaatnya?

Berikut manfaat buah mengkudu bagi kesehatan yang dikutip AcehNews. Net dari berbagai sumber.

1. Meningkatkan Kesehatan Otak

Mengkudu mencegah sel-sel otak mati dengan mendukung kesehatan mitokondria. Sederhananya, mengkudu memiliki efek terapeutik pada neurodegenerasi. Antioksidan dalam mengkudu melawan stres oksidatif, yang dapat membahayakan neuron.

Satu studi di Jepang berbicara tentang bagaimana jus mengkudu dapat melindungi otak dari penurunan fungsi kognitif yang disebabkan oleh stres. Jus mengkudu juga membantu memerangi masalah terkait lainnya seperti stres dan kecemasan. Mengkudu juga dapat membantu dalam pengobatan depresi.

2. Mendukung Kesehatan Jantung

Mengkudu dapat menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi peradangan. Kolesterol memiliki banyak fungsi penting dalam tubuh kamu, tetapi jenis tertentu yang berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung seperti peradangan kronis.

Satu studi menemukan bahwa minum hingga 6,8 ons (188 ml) jus mengkudu per hari selama satu bulan secara signifikan dapat mengurangi kolesterol total, kadar kolesterol LDL (buruk), dan penanda darah inflamasi C-reactive protein.

3. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Mengkudu memiliki sifat analgesik, antioksidan, dan antiinflamasi. Mengkudu juga kaya akan asam lemak esensial yang merupakan bahan pembangun lemak dan minyak dalam tubuh. Asam esensial ini meningkatkan fungsi membran sel, sehingga meningkatkan kesehatan kulit.

Salah satu senyawa yang perlu mendapat perhatian khusus adalah proxeronine, yang membantu dalam produksi senyawa lain yang disebut xeronine. Xeronine menjaga sel-sel tetap sehat. Di samping itu, Xeronine mampu mengembalikan sel-sel abnormal kembali ke keadaan normal.

Jus mengkudu juga dapat membantu mengobati dermatitis pada wajah. Cukup oleskan jus ke daerah yang terkena dan biarkan selama 15 menit. Bilas dengan air tawar. Obat serupa juga bisa membantu mengobati tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus dan kerutan. Jus mengkudu bahkan digunakan untuk mengobati jerawat dalam pengobatan tradisional Polinesia.

4.Mencegah Kanker

Dengan kandungan berbagai macam antioksidan, buah mengkudu mampu mengatasi risiko terjadinya kanker.
Selain itu, buah mengkudu diketahui telah menunjukkan sifat-sifat yang merangsang kekebalan tubuh dan bersifat melawan tumor.

5. Mengurangi Rasa Sakit pada Penderita Artritis

Selama lebih dari 2.000 tahun, buah mengkudu telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk efek penghilang rasa sakitnya. Beberapa penelitian sekarang mendukung manfaat ini. Misalnya, dalam studi satu bulan, orang dengan artritis degeneratif pada tulang belakang mengonsumsi 15 ml jus mengkudu dua kali sehari. Kelompok jus mengkudu melaporkan skor rasa sakit yang secara signifikan lebih rendah dengan pengurangan total nyeri leher pada 60 persen peserta.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Buah mengkudu juga mampu mengatasi demam. Karena sifat antivirus yang dimilikinya itu, maka mengkudu dapat membantu penyembuhan demam, nyeri, hingga batuk.

Jangan tunggu waktu lama lagi untuk segera mengonsumsi jus mengkudu dengan teratur setiap harinya, agar kamu bisa selalu menjaga kesehatan tubuh.

7. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Jus mengkudu sangat kaya akan vitamin A, protein, kalsium, dan zat besi. Ini merupakan nutrisi penting untuk sistem pencernaan. Jika kamu menderita pencernaan yang lambat atau buang air besar yang lambat, mengkudu dapat memperbaiki keadaan tersebut.

Jus atau ekstrak mengkudu dapat memberikan efek stimulasi pada pencernaan. Ini mengarah ke gerakan peristaltik yang merupakan proses penyempitan tak sadar dan relaksasi otot-otot usus, dan pembersihan usus besar.

Nah, buah banyak kasiat bagi kesehatan ini sangat mudah tumbuh dan bisa dijadikan tanaman obat diperkarangan rumah Anda. Anda tidak perlu melakukan perawatan kusus tanaman jenis buah ini.
Tapi yang perlu Anda lakukan adalah mengolah buahnya menjadi jus atau serbuk dalam kapsul.

Ohya, selain itu, meski rasanya pahit dan baunya yang tajam, Anda pastinya tidak akan rugi bila mengonsumsi buah mengkudu ini secara teratur. Karena kandungan zat yang ada dalam mengkudu mampu menyembuhkan segala macam penyakit. (Nita J/Dari Berbagai Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *