Memasuki Akhir Juli, Serapan APBA 2015 Baru Mencapai 32,50 Persen

BANDA ACEH|AcehNews.Net – Pemerintah Aceh diminta bekerja keras untuk meningkatkan realisasi serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) tahun 2015, karena dewan menilai sudah memasuki akhir Juli, namun realisasinya masih rendah yaitu sebesar 32,50 persen.

“Kami minta kepala SKPA dijajaran Pemeritah Aceh ekstra bekerja keras. Supaya serapan anggaran dapat meningkat di atas 50 persen,”saran anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA)  Iskandar Usman Al-Farlaky, kepada wartawan, Jum’at (24/7/2015) di Banda Aceh yang menanggapi soal rendahnya serapan APBA tahun 2015.

Menurut dia lagi, setiap SKPA perlu bekerja maksimal agar tidak terjadi Silpa di akhir tahun nanti. “Ini sudah memasuki pertengahan tahun. Seharusnya ada peningkatan kinerja yang lebih baik lagi. Jangan terus lamban,”tegasnya.

Apalagi, menurutnya masih ada sejumlah SKPA yang berapor merah. “Ini sangat kami sesalkan, seharusnya SKPA yang mendapatkan rapor merah dapat meningkatkan kinerjanya lebih baik lagi kedepannya,”kata Iskandar.

Gubernur Aceh, Zaini Abdullah beberapa waktu lalu saat memimpin apel pertama masuk kerja usai libur Idul Fitri mengutarakan kekecewaannya tentang realisasi APBA 2015 yang sudah memasuki pertengahan tahun namun masih rendah serapannya.

“Perlu saya ingatkan, agar daya serap APBA harus dipacu apalagi kini sudah memasuki triwulan III tahun anggaran 2015. Saya sangat kecewa realisasi anggaran baru sekitar 32,50 persen per 15 Juli 2015,” demikian tegas Zaini.

Zaini pada kesempatan itu meminta kepada seluruh kepala SKPA agar segera mengambil langkah-langkah percepatan realisasi anggaran pada SKPA masing-masing. Di samping itu, Zaini juga meminta setiap SKPA menyusun laporan yang komprehensif tentang kinerja lembaga masing-masing SKPA sejak 2012 hingga akhir Juli 2015. (agus)

 

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *