Masyarakat Pijay Salurkan Rp402 Juta untuk Palestina

MEUREUDU | AcehNews. Net – Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya menyalurkan donasi sebesar Rp402.402.000 untuk Palestina melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT) – Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Pidie Jaya di Kantor Bupati Pidie Jaya, Senin kemarin (5/7/2021).

Donasi tersebut berasal dari seluruh masyarakat di Pidie Jaya yang digalang dari gampong-gampong, pengguna jalan, perkantoran, dan lainnya. Seremonial penyerahan dana untuk Palestina ini diserahkan langsung oleh Bupati Pijay, Aiyub Bin Abbas kepada Kepala Cabang ACT Aceh, Zulfurqan.

“Alhamdulillah, berkat dukungan kebersamaan dari segenap lapisan masyarakat Pijay, hari ini kami menyerahkan donasi peduli kemanusiaan Palestina ini sebanyak Rp402.402.000,” sebut Aiyub Bin Abbas.

Dana hasil penggalangan dana ini akan digunakan untuk membangun sumur wakaf di Palestina sebagaimana rencana awal masyarakat Pijay inginkan, dimana akan difokuskan untuk pembangunan fasilitas infrastruktur sumur air bersih. Pembangunan sumur ini akan ada penambahan nama ‘Sumur Wakaf Masyarakat Pidie Jaya’ kelak ketika dibangun di Palestina.

Program pembangunan sumur ini diambil mengingat beberapa waktu lalu berbagai fasilitas publik di negeri Palestina di bombardir oleh Zionis Yahudi. Aceh sendiri melalui Global Wakaf-ACT pada bulan Maret lalu sudah membangun dua “Sumur Wakaf Ureung Aceh” yang berada di kota Al-Musaddar, Jalur Gaza, dan di kota Alshayma, Beit Lahia, Gaza Utara.

Zulfurqan mengatakan, saat ini pasca gencatan senjata, akan lebih banyak bantuan untuk pemulihan kembali Palestina, terlebih di daerah Gaza. Menurutnya, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan dalam upaya membantu pemulihan Gaza. Hampir setiap aspek, kata Zulfurqan, kehidupan membutuhkan bantuan untuk dibenahi.

“Sejumlah hal dilakukan Aksi Cepat Tanggap. Program-program terbaik wakaf pun diusung untuk membangkitkan kehidupan di Gaza. Inilah bentuk persaudaraan muslim antar satu dengan lainnya tanpa dibatasi jarak dan waktu,” kata Zulfurqan.

Selanjutnya ia mengatakan, Insya Allah, donasi terkumpul akan digunakan untuk pembangunan sumur wakaf masyarakat Pidie Jaya di Palestina. “Banyak sumber air telah tercemar sehingga dibutuhkan sumber mata air yang baru,” kata Kepala Cabang ACT Aceh kepada awak media.

Dalam penyerahan donasi ini turut hadir juga Wakil Bupati, H Said Mulyadi SE MSi, Sekda, Ir. Jailani, Asisten I, Abubakar S.Sos., Asisten III, Said Abdullah S.H. MKM, Kepala Dinas Syariat Islam, Drs. Jailani serta delapan camat dalam lingkup jajaran setempat. (San)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *