Masyarakat Mulai Sadar Prokes 3M, Kasus Covid-19 di Aceh Menurun

BANDA ACEH | AcehNews.net – Jumlah kasus Covid-19 Aceh sudah mencapai 7.661 orang, sejak kasus konfirmasi pertama dilaporkan pada 27 Maret 2020. Dari jumlah tersebut, sebanyak 6.092 orang dinyatakan sembuh, dan 1.287 orang lagi masih dalam perawatan.

“Total yang meninggal dunia sebanyak 282 orang, secara akumulatif sejak kasus konfirmasi pertama dilaporkan pada 27 Maret 2020, dengan jumlah kasus mencapai 7.661 orang,” sebut Juru Bicara Satgas Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani, kepada AcehNews.net, Ahad (8/11/2020) di Banda Aceh.

Sedangkan dalam dua mingguan terakhir, jumlah kasus Covid-19 mengalami penurunan kasus. Sambung SAG (panggilan akrab Saifullah Abdulgani, sebagaimana informasi yang diterima pihaknya dari Satgas Penanganan Covid-19 Nasional, Aceh berhasil menurunkan kasus konfirmasi positif yaitu sebanyak -67,5%, di bawah Riau (-32,6%), dan Bali (-23,5%).

“Satgas Covid-19 Nasional membanding kasus konfirmasi positif dwi mingguan, periode 19 hingga 25 Oktober dengan 26 Oktober hingga 1 November 2020, dan tren data epidemiologis di setiap provinsi prioritas,” tutur SAG.

Menurutnya, SAG, lewat konfirmasi yang dikirim AcehNews.net via WhatsApp, menurun kasus dalam dua minggu terakhir ini disebabkan meningkatnya kesadaran masyarakat dalam mengikuti protokol kesehatan 3M (pakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan).

“Perjuangan kita menjalankan protokol kesehatan dengan gerakan bersama memakai masker sebagai bagian praktik 3M (menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan) tidaklah sia-sia,” tuturnya lagi.

Selanjutnya ia mengatakan, Aceh sebagai salah satu provinsi prioritas yang berhasil menurunkan kasus konfirmasi mingguan, bersama Riau dan Bali, juga mendapatkan apresiasi dari Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Nasional terkait tren kematian pada kasus covid-19.

Aceh, sebut SAG, bersama DKI Jakarta, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, dan Papua, berhasil menurunkan presentase kasus meninggal dunia, dalam periode waktu yang sama. Hal ini, menurut SAG, menunjukkan pelayanan bagi penderita Covid-19 simtomatik yang dirawat kian optimal.

“Apa yang telah dicapai, hendaknya menambah spirit kita melawan virus corona yang telah menelan korban jiwa sebanyak 282 orang. Mari sama-sama, terus konsisten kita menjalankan protokol kesehatan yang masif dan disiplin,” ajak SAG.

Penambahan kasus konfirmasi baru di Aceh dari data yang diterima AcehNews.net dari Satgas Covid-19 Aceh, sebanyak 27 orang, meliputi warga Banda Aceh sebanyak 11 orang, Aceh Tengah sembilan orang, Aceh Tamiang tiga orang, Pidie dua orang, warga Aceh Besar dan warga Kota Subulussalam, masing-masing satu orang.

Sedangkan penderita Covid-19 yang dilaporkan sembuh bertambah 45 orang, yang terdiri dari warga Aceh Utara sebanyak 34 orang, Banda Aceh delapan orang dan warga Aceh Timur sebanyak tiga orang.

“Penderita Covid-19 di Aceh yang dilaporkan meninggal dunia hari ini, 8 November 2020, sebanyak tiga orang dan semuanya warga Kota Lhokseumawe” demikian pungkas SAG.

Kasus-kasus probable di Aceh secara akumulasi sebanyak 625 orang. Dari jumlah kasus probable tersebut, 47 orang dalam penanganan tim medis (isolasi RS), 545 sudah selesai isolasi, dan 33 orang meninggal dunia.

Sedangkan jumlah kasus suspect di seluruh Aceh hari ini telah mencapai 3.868 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 3.588 orang sudah selesai masa pemantauan (selesai isolasi), 275 orang dalam proses isolasi di rumah, dan lima orang isolasi di rumah sakit. (Saniah LS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *