Kunker ke Langsa, ini Pesan Kaper BKKBN Aceh ke Penyuluh KB dan Tim TPK

LANGSA | AcehNews. Net – Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Aceh, Sahidal Kastri, mengajak semua penyuluh Keluarga Berencana (KB) di gampong (desa), kecamatan, kabupaten, hingga provinsi, terus bekerja keras dan berkolaborasi untuk mencapai target penurun stunting di Aceh pada 2024, sebesar 14 persen.

“Frekwensi kerja tiap tahun berbeda, makin meningkat. Karena makin tinggi beban tugas kita dalam penurunan stunting BKKBN Aceh tidak bisa main-main lagi. Kita semua perlu bekerja serius, berkolaborasi dengan mitra kerja dalam menurunkan angka stunting di Aceh. Kalau Aceh tidak bisa mencapai target 14 persen pada 2024, kita merasa malu,” tegas Sahidal.

Kaper BKKBN Aceh bersama tim di jajarannya dan didampingi Koordinator KB-KR Muhammad Razali, Subkor Jalsus dr. Noliasari dan Humas, melakukan kunjungan kerjanya dan pertemuan di aula Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan KB di Kota Langsa, Selasa pagi (18/1/2020).

Acara refleksi kinerja program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) tahun 2021 dan percepatan penurunn stunting ini, turut dihadiri kepala DP3AP2KB Kota Langsa, Amrawati dan seluruh PKB kota Langsa.

Kaper BKKBN Aceh, Sahidal pada pertemuan tersebut memaparkan capaian program tahun 2021 dan rencana percepatan pelaksanaan program Bangga Kencana tahun 2022 dalam mendukung gerak cepat pencegahan stunting khususnya di Kota Langsa.

Menurut Sahidal, dari Sembilan indikator sasaran strategis untuk target capaian BKKBN Aceh baru tiga yang mencapai 100 persen dan ada melebihi 100 persen yaitu keluarga masyarakat yang terjangkau program Banggakencana 129 persen, Indikasi pembangunan keluarga (iBangga) 110 persen, dan median usia kawin pertama perempuan (MUKP) usia 25 hingga 49 mencapai 100,9 persen.

Sementara itu Kadis DP3AP2KB Kota Langsa, Amrawati, mengharapkan kepada Kaper BKKBN Aceh bersama tim dapat memberikan pencerahan tentang langkah-langkah yang harus dilakukan dalam Program Bangga Kencana untuk percepatan penurunan stunting di wilayahnya.

Dalam kunjungan kerjanya, Kaper bersama tim BKKBN Aceh, melihat langsung pelayanan terpadu yang bersebelahan dengan Kantor Dinas DP3AP2KB yang sedang berlangsung bimbingan bagi Calon Pengantin (Catin).

Kepada Catin yang hadir, Sahidal Kastri minta supaya mengaktifkan dan memberikan data yang sebenarnya saat di input ke aplikasi ELSIMIL, dengan harapan terwujud keluarga yang terbebas dari stunting dan keluarga sejahtera yang sakinah, mawaddah, wa rahmah.

Kunjungi Gampong Tualang Teungoh

Kepala Perwakilan BKKBN Aceh dan rombngan berkunjung ke ke Gampong Tualang Teungoh, Kecamatan Langsa Kota guna melihat dan memberikan dukungan kepada Tim Pendamping Keluarga (TPK) di wilayah tersebut.

Pada kesempatan itu Kaper Sahidal memberikan pengarahan kepada Tim Pendamping Keluarga, agar memahami tugas dan tanggungjawabnya sesuai Perpres No. 72 tahun 2020. Dengan tugas utama yaitu, mendata keluarga yang memiliki Catin, melakukan screning Catin melalui aplikasi ELSIMIL, dan melakukan edukasi Catin yang sudah discrening.

“Seluruh tim TPK untuk terus bekerja dengan ikhlas melaksanakan tugas pendampingan keluarga, agar penurunan stunting di gampong ini cepat terlaksana dan mencapai target,” demikian pungkas Sahidal. (Desi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *