Komunitas 1.000 Guru Aceh Gelar Kegiatan Traveling and Teaching

AcehNews.net|BANDA ACEH – Komunitas 1.000 Guru Aceh mengadakan kegiatan TNT#2 (Traveling and Teaching) selama 3 hari mulai hari Jum’at sampai Ahad (25-27/03/2016). Kegiatan ini dilakukan di SDN 5 Gampong Bintah, Pasie Raya Kabupaten Aceh Jaya.

Kegiatan TNT#2 adalah sebuah rangkaian kegiatan untuk mengajak semua kalangan anak muda dari berbagai latar belakang profesi untuk mengunjungi tempat-tempat yang indah, budaya, dan adat istiadat disertai kegiatan sosial di tempat yang dikunjungi dengan cara berbagi ilmu pengetahuan dan memotivasi anak-anak pedalaman serta memberikan bantuan alat-alat untuk proses belajar kepada mereka.

“Sekolah yang dipilih ini dikarenakan kondisinya yang berbeda dibanding dengan sekolah lain disekitar. Lingkungan sekolah yang jauh dari pemukiman penduduk, kurangnya fasilitas sekolah, buku-buku pelajaran, dan guru yang terbatas,” jelas Andri Munazir (26) selaku koordinator 1.000 Guru Aceh kepada AcehNews.net di Banda Aceh, Selasa (29/03/2016).

Kegiatan ini meliputi berbagai macam rangkaian kegiatan “Traveling and Teaching”  yang telah dilaksanakan kedua kalinya ini. Yaitu Sabtu (26/03/2016) melakukan kegiatan mengajar dengan memberikan motivasi kepada para siswa SDN 5 Pasie Raya, Aceh Jaya .

Di sini para relawan dapat mengetahui bahwa anak-anak pedalaman berhak mempunyai cita-cita, impian serta semangat yang sama dengan anak-anak seumuran di seluruh Indonesia untuk tetap mengenyam pendidikan serta belajar untuk saling menghargai satu sama lain.

Lanjut Andri Munazir, kegiatan ini juga dapat menjadi pelajaran buat semua relawan, walau dengan keterbatasan anak-anak pedalaman mempunyai semangat yang luar biasa.

“Kegiatan ini murni aksi sosial untuk membantu anak-anak di daerah pedalaman dan perbatasan untuk mendapatkan pendidikan lebih baik, dan perlu diketahui, aksi sosial ini tidak ada unsur politik,” jelasnya lagi.

Untuk penutup kegiatan pada hari pertama komunitas 1.000 Guru Aceh memberikan bantuan dari hasil yang dikumpulkan melalui relawan 1.000 guru Aceh berupa alat tulis sekolah kepada para siswa dan buku untuk sekolah.

“Alhamdulillah pada kegiatan sosial kali ini, PKPU Aceh juga ikut membantu dengan memberikan bantuan seperti sikat gigi, sabun cuci tangan, kepada siswa. Sedangkan untuk donasi kepada guru antaranya, ada sarung, dan roti sirup,” sebut Andri Munazir.

Pada hari Ahad (27/03/2016), panitia mengajak relawan 1.000 Guru Aceh sejumlah kurang lebih 30 orang dan masyarakat sekitar dengan kegiatan Traveling ke CRU (Conservation Response Unit) Air Terjun Krueng Ayoen Sampoinit, Aceh Jaya. Tujuannya untuk menikmati keindahan alam yang masih terjaga di daerah kawasan tersebut dan mengajarkan bagaimana pentingnya menjaga  serta melestarikan flora fauna di sekitarnya. (dara elchee)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *