Kolakopsrem 174 Merauke Lepas Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 125/SMB dan Yonmek 516/CY ke Home Base

MERAUKE | AcehNews.Net – Komando Pelaksana Operasi Korem (Kolakopsrem) 174/Anim Ti Waninggap (ATW) Merauke melepas Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG Yonif 125/Si’mbisa (SMB) dan Yonmek 516/Caraka Yudha (CY) kembali ke Home Base usai melaksanakan tugas selama sembilan bulan di wilayah Kolakopsrem 174/ATW Merauke.

Ratusan personil dari dua batalyon itu bertolak menggunakan KRI Makassar-590 dari dermaga Pelabuhan Yosudarso Merauke, Papua, Senin (8/2/2021) pagi.

Upacara pelepasan Satgas Pamtas RI-PNG mengikuti protokol Kesehatan pencegahan Covid-19. Selaku inspektur upacara Kepala staf Korem 174/ATW Merauke, Kolonel Inf Agustinus Dedy Prasetyo selaku Wadan Kolakopsrem mewakili Danrem 174 Merauke, Brigjen TNI Bangun Nawoko sebagai Komandan Komando Operasi Korem 174 Merauke Sektor Selatan. Komandan upacara Dansatgas 516/CY, Letkol Inf. Muhamad Radhi Rusin.

Pangdam XVII/Cenderawasih dalam amanatnya yang dibacakan Wadan Kolakopsrem 174 Merauke mengucapkan terima kasih atas segala dharma bakti prajurit yang telah melaksanakan tugas dengan baik dan cukup berhasil di wilayah Papua.

“Berdasarkan laporan dan pengamatan yang saya terima bahwa kalian telah berhasil dalam melaksanakan tugas di daerah operasi sebagai Satgas Pamtas RI-PNG periode 2020-2021,” ujarnya.

Lanjut Pangdam, para prajurit TNI yang telah melaksanakan tugas dengan baik di Merauke dan Boven Digoel walau dengan sarana prasarana yang belum memadai untuk mendukung tugas pokok TNI.

“Situasi dan kondisi medan tugas begitu berat. Tetapi tidak mengurangi semangat kalian selama melaksanakan tugas pengabdian kepada masyarakat dan NKRI,” demikian tandasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Danlantamal XI Merauke, Danlanud J.A.Dimara, Wakil Bupati Merauke, Sularso, Para Kasi Korem, para komandan dan Balakdisjan jajaran Korem 174 /ATW Merauke serta Kapolres Merauke, AKBP Untung Sangaji. (Hidayatillah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *