Kapolres: Aceh Tengah Tidak Terpengaruh Konflik Agama di Papua  

TAKENGON|AcehNews.Net – Kepala Kepolisian Resort (Polres) Aceh Tengah, AKBP Dodi Rahmawan Sik, Jumat malam (24/7/2015) mengatakan, konflik antar umat beragama di Tolikara, Papua tidak mempengaruhi umat beragama di tempatnya.Suasana keamanan di Aceh Tengah pasca konflik aman dan kondusif.

“Terima kasih atas dukungan masyarakat untuk tetap mendukung suasana yang tertib dan aman serta tidak terpengaruh dengan insiden yang terjadi di Tolikara, Papua,” kata Kapolres Aceh Tengah.

Walaupun sejauh ini menunjukkan situasi yang kondusif, pihaknya tetap melakukan langkah-langkah antisipasi melalui dialog dengan tokoh-tokoh agama, dan tokoh masyarakat. Selain itu juga meningkatkan pembinaan, partroli dan penjagaan keamanan sebagaimana yang telah diintruksi Kapolri.

Lanjutnya, peran tokoh agama menurut Dodi sangat strategis untuk mengendalikan suasana toleransi antar ummat beragama. Karena itu, pada 22 Juli lalu telah dilaksanakan pertemuan Forum Kerukunan Ummat Beragama (FKUB) yang unsurnya terdiri dari seluruh tokoh agama.

“Hasil pertemuan FKUB sudah disepakati agar ummat non muslim melaksanakan ritual agama di rumah ibadah resmi dan untuk Ormas Islam agar melaksanakan aksi solidaritas dengan tidak turun ke jalan namun menempuh cara-cara yang lebih elegan seperti melalui surat maupun diskusi yang sifatnya konstruktif,” jelas Dodi.

Polres Aceh Tengah pasca rusuh di Papua, sudah mengambil langkah-langkah mulai dari Polsek untuk identifikasi wilayah masing-masing, kemudian melakukan pendekatan ke tokoh-tokoh masyarakat serta tokoh agama untuk meyakinkan agar suasana tetap terkendali, aman dan kondusif.

Selain itu, Polres Aceh Tengah juga sudah melakukan pembinaan, patroli dan penjagaan.”Kita sudah sambangi tokoh agama, Pendeta, dan Tomas, agar mengawal pelaksanan ibadah di lingkungan masing-masing serta memberi pengertian kepada masing-masing pemeluk agama untuk tetap menahan diri menyikapi situasi yang berkembang,” demikian jelas AKBP Dodi Rahmawan. (emka)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *