Investor Saham Syariah Indonesia Meningkat 734 Persen

JAKARTA | AcehNews. Net – Investor saham
syariah Indonesia mencetak milestone terbaru, yaitu berupa pencapaian 102.426 investor yang meningkat 734 persen dalam lima tahun terakhir, dengan tingkat keaktifan mencapai 30,7 persen.

Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI), Hasan Fawzi, di Jakarta, Kamis (11/11/2021), mengatakan, peningkatan pencapaian ini, seiring dengan program pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional, pasar modal syariah menunjukkan peranannya dengan mencatatkan kinerja pertumbuhannya yang signifikan.

Sebutnya, data per Oktober 2021 menunjukkan bahwa komposisi pasar saham syariah di Indonesia masih cukup dominan, dengan jumlah saham syariah mencapai 56,9 persen dari total saham yang tercatat di PT. Bursa Efek Indonesia (BEI).

Sedangkan kapitalisasi pasar saham syariah, lanjutnya, mencapai 45,6 persen dari total kapitalisasi pasar saham. Nilai rata-rata transaksi harian perdagangan saham syariah berkontribusi sebesar 52,6 persen, frekuensi transaksi sebesar 58,1 persen, dan volume transaksi sebanyak 47,2 persen.

Selain itu, kata Hasan Fawzi, BEI kembali meraih penghargaan sebagai The Best Islamic Capital Market dari ajang Global Islamic Finance Awards (GIFA) 2021. Ini merupakan kali ketiga BEI dinobatkan sebagai The Best Islamic Capital Market dan mengukuhkan posisi pasar modal syariah Indonesia di mata internasional.

“Sejalan dengan pencapaian tersebut, sekaligus untuk meningkatkan literasi serta inklusi masyarakat terhadap pasar
modal syariah,” ujar Direktur Pengembangan BEI.

SIW 2021 Secara Virtual

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Self-Regulatory Organization (SRO), yang terdiri dari BEI, PT. Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) dan PT. Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) kembali menyelenggarakan acara Sharia Investment Week (SIW) 2021 secara virtual.

SIW 2021 diselenggarakan selama tiga hari pada 11 hingga 13 November 2021 melalui laman web www.shariainvestmentweek.com. Acara ini merupakan bagian dari Peringatan 44 Tahun Diaktifkannya Kembali Pasar Modal Indonesia.

SIW 2021 yang ditargetkan untuk dihadiri oleh kurang lebih 10.000 peserta ini juga menjadi ajang silaturahmi bagi para stakeholders di pasar modal syariah, serta penguatan branding dari pasar modal syariah Indonesia sebagai salah satu motor penggerak dari pasar modal guna mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Seremoni pembukaan SIW 2021 diawali dengan sambutan Direktur Pengembangan BEI selaku Ketua Pelaksana SIW 2021 Hasan Fawzi, kemudian dilanjutkan dengan sambutan Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Nurhaida, dan penyampaian keynote speech oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H. Ma’ruf Amin, yang juga secara resmi membuka rangkaian acara SIW 2021.

Dalam sambutannya Hasan Fawzi, mengatakan, pihaknya yakin dengan upaya, kerja keras dan dukungan dari banyak pihak bahwa ke depannya pasar modal syariah akan semakin maju. Ia juga berharap semoga SIW 2021 ini dapat menjadi ajang bagi para peserta serta investor syariah, baik pemula maupun investor aktif, untuk lebih memahami pasar modal syariah.

“Momen ini kita harap sekaligus bisa menyebarkan semangat untuk berinvestasi melalui pasar modal syariah di Indonesia,” demikian ucapnya.

Secara terpisah di Banda Aceh, Kepala Perwakilan BEI Aceh, Thasrif Murhadi mengatakan, investor pasar modal syariah di Aceh terus mengalami pertumbuhan positif setiap tahunnya.

Menurut Thasrif, pertumbuhan saham syariah di Aceh mengalami peningkatan dan ini juga tidak terlepas adanya beragam informarsi yang disampaikan oleh sekuritas di Aceh. (San)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *