Ini Hasil Tes Urine Puluhan Siswa MAN 2 Banda Aceh  

BANDA ACEH –  Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Aceh, Rabu (4/2/2015)  melakukan tes urine terhadap siswa/siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Banda Aceh.

Kasi peran serta masyarakat BNN Aceh, dr. Arifdian menjelaskan, tes urine yang dilakukan terhadap siswa-siswi di MAN 2 Banda Aceh untuk mendeteksi peredaran narkoba dikalangan pelajar.

“Tahap pertama tes urine ini dilakukan untuk 50 siswa/siswi, dan semua dinyatakan negatif dari penggunaan narkoba,”ujar Arifdian, kepada wartawan, disela-sela tes urine.

Dia mengatakan, tes urine ini dilakukan untuk meminimalisir peradaran narkoba disekolah-sekolah, karena peredaran narkoba dikalangan pelajar sudah sangat mengkwatirkan. Selain itu, tes urine ini juga untuk mendeteksi sejak dini terhadap sekolah-sekolah yang siswanya diindikasi menggunakan narkoba sehingga bisa dicegah sejak dini.

Arifdian menyatakan, sudah tiga sekolah yang kita lakukan tes urine siswa-siswinya dari lima sekolah yang direncakan tes urine. “Alhamudlillah semuanya siswa negatif, tidak ada yang positif,”paparnya.

“Ini program pemerintah agar adanya program tes urine disekolah-sekolah dengan sampel 50 orang persekolah, dan kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan anggaran APBN,”ujarnya.

Dia juga mengharapkan agar program ini bisa berlanjut ke seluruh sekolah-sekolah untuk memproteksi peredaran narkoba, mengingat semakin parahnya peredaran narkoba yang menyerang seluruh lini masyarakat.

“Tidak  hanya mahasiswa, pelajar, Polri, PNS, bahkan buruh dan petani sekalipun banyak yang terlibat narkoba,” sebutnya.

BNN berharap program ini akan terus berlanjut, dan akan melakukan tes urine di sekolah yang sama, karena kalau melakukan sekali itu tidak ada efek apapun, tes urine itu harus dilakukan berkali-kali, supaya menimbulkan suatu kesan bahwa BNN benar-benar memproteksi adanya peredaran narkoba.

Salah seorang siswa MAN 2 Banda Aceh yang di tes  urinenya mengatakan, dia tidak perlu takut menghadapi tes urine yang dilakukan BNN di sekolahnya karena dia bukan pemakai narkoba. Usulnya BNN jangan mengacak sekolah yang akan di tes urine di Banda Aceh kalau perlu semua sekolah  siswi/siswanya di tes urine juga usulnya perguruan tinggi. Dengan demikian upaya pencegahan dini sudah dilakukan di Aceh. (agus)

 

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *