Gangguan Kesehatan, ABK Asal Korea Selatan Dirawat di RSUZA

BANDA ACEH – Seorang anak buah kapal (ABK)  Kargo MV Stellar Daisy, Kim Ji Su, dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh, Jumat (20/2/2015), akibat mengalami gangguan kesehatan dibagian perutnya.

Kim Ji Su yang berkewarganegaraan Korea Selatan, dievakuasi oleh Tim Search And Rescue (SAR) Banda Aceh, saat kapal kargo berbendera Marshall Island itu, melintasi perairan Aceh, yang berlayar dari Cina menuju Brazil.

Komandan Operasi SAR Banda Aceh, Ibnu Haris, mengatakan, pihaknya yang mendapatkan informasi evakuasi medis dari kapal Kargo tersebut pada Kamis (19/2/2015), sekitar pukul 19.00 WIB. Kata Haris, Kapal Kargo MV Stellar Daisy sedang berlayar di perairan Aceh Timur.

Lanjutnya, setelah mendapat pesan pada malam itu, tim SAR tidak langsung ke lokasi. Sekitar pukul 08.30 WIB, baru mergerak ke lokasi, usai menerima pesan dari ABK kapal kargo itu dimana lokasi mereka bisa mengevakuasi Kim Ji Su.

Korban yang diketahui mengalami gangguan kesehatan dibagian lambungnya saat bekerja, dievakuasi oleh tim SAR sekitar pukul 10.00 WIB di kawasan Teluk Benggala. Kemudian dievakuasi menggunakan Kapal milik SAR, setiba di Pelabuhan Ulee Lheue,  Banda Aceh, langsung dilarikan ke RSUZA dengan ambulance pelabuhan. Untuk selanjutnya, setelah mendapat pertolongan medis, korban akan dipulangkan melalui imigrasi Aceh. (agus)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *