Gampong Sejahtera Dinobatkan Sebagai Kampung KB di Abdya

AcehNews.net| Aceh Barat Daya – Gampong Sejahtera, Kecamatan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) terpilih sebagai pilot project program nasional Kampung Keluarga Berencana (KB)  dengan nama Gampong Madani Kencana.

Wakil Bupati Abdya, Erwanto SE, MA bersama Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BkkbN) Aceh, Drs M. Natsir Ilyas M. Hum pada 10 Maret 2016 mencanangkan desa (gampong) tersebut sebagai Kampung KB.

“Program Gampong Madani ini merupakan pelaksanaan dari program nasional Kampung KB yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi untuk mengendalikan jumlah penduduk. Sehingga melalui pencanangan program tersebut, program-program yang menyangkut dengan Keluarga Berencana tersosialisasi dengan baik,” kata Natsir Ilyas.

Pecanangan Kampung KB di Abdya ini yang kelima, setelah Kabupaten Nagan Raya, Kota Lhokseumawae, Sabang, dan Banda Aceh. Selanjutnya akan dicanangkan Kampung KB di Aceh Selatan dan Aceh Barat pada 16 dan 18 Maret 2016.

Kepala Perwakilan BkkbN Aceh mengatakan, Gampong Sejahtera dapat  dikembangkan program-program kependudukan dan kesehatan yang dilaksanakan bersama-sama secara lintas sektoral oleh dinas terkait dan juga masyarakat setempat untuk membangun keluarga yang sehat, berkualitas, dan sejahtera.

Natsir Ilyas menyebutkan, program yang akan dilaksanakan di Gampong Madani Kencana diantaranya adalah Bina Keluarga Balita, Bina Keluarga Remaja, Bina Keluarga Lansia, Pemberdayaan Ekonomi Keluarga, dan pemantapan posyandu terintegrasi.

“Melalui program-program tersebut, kita berharap kehidupan masyarakat di sini menjadi lebih baik sehingga terbangun keluarga harmonis dan sejahtera, dengan sistem pendidikan yang lebih baik bagi anak-anak di masa depan,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati  Abdya, Erwanto, mengatakan, nama Gampong Madani Kencana akan menjadi trending tersendiri untuk Abdya  dan menjadi penyemangat serta motivasi khusus bagi seluruh keluarga dan aparatur gampong.

Lanjutnya, pentingnya program Kampung KB dalam mewujudkan masyarakat Aceh yang sejahtera karena program tersebut merupakan salah satu langkah untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan, mengendalikan kualitas dan kuantitas penduduk, serta mewujudkan keluarga kecil yang sejahtera di Abdya.

“Kami yakin keberhasilan program ini nantinya akan menjadi pondasi bagi pembangunan yang merata dan terarah disetiap daerah,” sebutnya Erwanto.

Erwanto meminta, program ini jangan dijadikan acara seremonia saja, tetapi bagaimana meningkatkan ekonomi keluarga melalui pembangunan yang terintegras, sehingga di pedesaan bisa diwujudkan percepatan pembangunan melalui pogram Kampung KB.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala PNPM dan KS Abdya, Edi Darmawan, S.Sos yang mengatakan, dengan terlaksana pencanangan Kampung KB  di Gampong Sejahtera merupakan dapat mendongkrak ekonomi masyarakat.

“Hasilnya seperti kata bupati tadi, akan dilihat setahun kemudian berhasil dan tidak berhasilnya program nasional tersebut di Gampong Sejahtera. Jika berhasil maka gampong ini akan menjadi contoh bagi desa-desa lainnya di Abdya,” demikian kata Edi Darmawan. (oos)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *