Forum SKPK Untuk Sinergikan Program Pembangunan  

TAKENGON – Usai pelaksanaan Musrenbang tingkat kecamatan pada akhir Januari 2015, perencanaan pembangunan daerah di Kabupaten Aceh Tengah ditindaklanjuti dengan pembahasan forum Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) yang berlangsung Sabtu (21/2/2015) di Oproom Setdakab Aceh Tengah.

“Dalam merumuskan perencanaan tahunan, Forum SKPK merupakan tahapan ketiga setelah Musrenbang Kampung dan Musrenbang kecamatan yang telah dilaksanakan,” ungkap Kepala Bappeda Aceh Tengah, Yahya Kobat disela pembukaan Forum SKPK.

Menurut Yahya, Forum SKPK yang dilaksanakan pihaknya didasari Permendagri nomor 54 Tahun 2010 tentang pelaksanaan peraturan pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang tahapan, tatacara penyusunan, pengendalian, dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah.

Sementara maksud dan tujuan pelaksanaan Forum SKPK dijelaskan Yahya untuk mensinergikan prioritas program dan kegiatan pembangunan hasil Musrenbang kecamatan dengan rancangan Renja SKPK. Menetapkan prioritas program dan kegiatan pembangunan dalam renja SKPK. Menyesuaikan prioritas Renja SKPK dengan alokasi anggaran indikatif SKPK yang tercantum dalam rancangan awal RKPD. Dan mengindentifikasi efektivitas regulasi yang berkaitan dengan fungsi SKPK.

“Forum SKPK menjadi wadah bersama antar pelaku pembangunan hasil Musrenbang kecamatan dengan SKPK atau gabungan SKPK, serta menyusun dan menyempurnakan Renja SKPK, yang tata cara penyelenggaraannya difasilitasi oleh SKPK terkait,” ujar Yahya.

Ditambahkan Yahya, narasumber Forum SKPK terdiri dari kepala SKPK, camat, dan anggota DPRK Aceh Tengah. Sedangkan peserta terdiri dari wakil peserta Musrenbang kecamatan, SKPK lainnya serta pihak-pihak yang langsung atau tidak langsung mendapatkan manfaat atau dampak dari program dan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi SKPK.

Berlangsung sehari, Forum SKPK Aceh Tengah dilaksanakan di tiga tempat, diantaranya Oproom Setdakab Aceh Tengah untuk bidang perencanaan sosial budaya, Aula BPM untuk bidang perencanaan ekonomi, dan Aula BAPPEDA untuk bidang perencanaan sarana dan prasarana.

Bupati Aceh Tengah, Ir. H. Nasaruddin, MM dalam arahannya ketika membuka Forum SKPK mengatakan diperlukan sinergi antara aspirasi masyarakat dengan program dan kegiatan SKPK.  “Forum SKPK menjadi wadah untuk menyatukan antara kebutuhan masyarakat dengan rencana kerja SKPK, sehingga diharapkan perencanaan pembangunan lebih bermutu dan bermanfaat bagi masyarakat,” jelas Nasaruddin.

Untuk mewujudkannya, Nasaruddin menekankan, baik masyarakat agar mengusulkan yang benar-benar prioritas, begitu juga SKPK agar membuat program yang kepentingannya berdampak besar bagi masyarakat.(emka)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *