Event Sabang Open Diving Festival 2021 Digelar, Peserta Dibatasi dan Wajib Ikuti Prokes

SABANG | AcehNews. Net – Di tengah pandemi Covid-19 yang belum juga mereda. Pariwisata Aceh bangkit kembali menggeliatkan perekonomian berbasis kerakyatan dengan menggelar Event Sabang Open Diving Festival 2021 di Pantai Gapang, Desa Iboih, Kecamatan Sukamakmue, Kota Sabang, Sabtu, (20/11/2021.

Even kalender tahunan yang mengedepankan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Dimana setiap peserta diving yang mengikuti even ini telah vaksin, swab, dan jumlah peserta pun dibatasi.

Selain itu, parawisata Aceh di masa pandemi menerapkan CHSE atau Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan).

“Keseluruhan proses Sabang Open Diving Festival 2021 ini tetap mengikuti protokol kesehatan. Semua peserta yang mendaftar wajib melampirkan surat vaksin Covid-19, dan tentunya bagi yang berasal dari luar Aceh turut menyertakan sertifikat swab test,” kata Kepala Seksi Komunikasi dan Strategi Pemasaran Pariwisata Disbudpar Aceh, Akmal Fajar.

Selain itu, lanjut Akmal, selain jumlah peserta yanh dibatasi hanya 100 orang, panitia juga menyiapkan tim rescue, tim pengawas lapangan, dan menyediakan ambulance.

“Untuk prokes memamg sangat ketat, selain membatasi jumlah peserta dengan target 100 orang, peserta wajib sertakan sertifikat vaksin, hasil swab, dan mengikuti prokes lainnya. Terkait jumlah peserta yang mendaftar sebenarnya melebihi target jumlahnya, tetapi tetap kita batasi,” kata Akmal lagi.

Dinas Pariwisata Kota Sabang, Faisal membuka event Sabang Open Diving Festival 2021 yang mengangkat tema “Explore Underwater Treasure Of Weh Island”.

“Even tahunan ini merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan sektor ekonomi Kota Sabang sekaligus meningkatkan kegiatan sport tourism dengan terjalinnya persatuan dan kesatuan atlet di seluruh Aceh,” kata Faisal.

Lanjut dia, hadirnya even ini untuk meningkatkan kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara ke Kota Sabang, dengan harapan memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat dan membangkitkan kembali geliat dan gairah para pelaku dan industri pariwisata di Kota Sabang.

Faisal juga meminta semua pihak terkait agar bersama-sama untuk berkontribusi dalam memajukan sektor pariwisata dengan kapasitas masing-masing, serta tetap menjaga prokes.

Ada dua kategori perlombaan dalam even ini yakni Oba 5 point putra dan putri serta Fins Swimming 2000 meter putra, dengan memperebutkan total hadiah sebesar Rp56 juta lebih dan diikuti oleh peserta yang terdiri dari pelajar, perorangan, umum, dan atlet-atlet Pesatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) se Aceh.

Untuk kategori Oba 5 Point diperuntukkan bagi putra dan putri, namun Fins Swimming hanya untuk putra, mengingat jumlah pendaftar putri yang sangat sedikit. Sementara untuk jumlah peserta panitia menargetkan 100 orang.

Salah seorang peserta diving dari
Sumatera Utara mengatakan, telah mengikuti semua persyaratan yang ada,
termasuk mengikuti prokes. “Alhamdulillah hasil swab negatif dan saya juga telah menyertakan sertifikat vaksin tadi,” kata Roni yang mengaku sempat dek-dekan juga menunggu hasil swab.

Event Sabang Open Diving Festival 2021 diikuti peserta ada dari DKI Jakarta, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Pekan Baru, dan Sulawesi Utara.
(Saniah LS)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *