Bukan Warga Banda Aceh,
Enam Pelanggar Syariat Dicambuk di Taman Bustanussalatin

BANDA ACEH | AcehNews. Net – Enam pelanggar Qanun Syariat Islam menjalani esekusi cambuk di Taman Bustanussalatin, Banda Aceh, Kamis (19/9/2019). 

Pelaksanaan hukum cambuk di depan umum ini untuk pertama kalinya, pelaksanaannya di Taman Bustanussalatin. Kamis (19/9/2019). Sebelumnya, hukuman cambuk hanya dilakukan di halaman depan masjid di tiap gampong di Kota Banda Aceh.

Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman menjelaskan, pelaksanaan hukuman cambuk di Taman Bustanussalatin kali ini merupakan sesuatu yang sudah sesuai diatur di dalam qanun. 

“Tidak ada yang bertentangan, ini di depan umum begini sudah diatur di dalam qanun,” ujarnya.

Walikota menjelaskan, sebagaimana diatur dalam qanun yang hingga kini menjadi rujukan pelaksanaan cambuk di Aceh, hukuman cambuk memang harus dilaksanakan di muka umum, baik itu di pekarangan masjid ataupun di tempat lainnya. 

“Jadi selain di masjid ya nggak masalah, ini kan di muka umum juga. Cambuk di sini (Taman Bustanussalatin) lebih di depan umum lagi, kan,” kata Aminullah.

Eksekusi cambuk kali ini dilakukam terhadap enam orang yang diantaranya berinisial RI (21 kali cambukan), FI (21 kali cambukan), FA (22 kali cambukan), RAH (20 kali cambukan), TWH (22 kali cambukan), dan MA (22 kali cambukan). 

Keenam orang ini dihukum cambuk karena melanggar qanun Nomor 6 tahun 2014 tentang hukum jinayat. 

Kasat Pol PP dan WH Kota Banda Aceh, M Hidayat mengatakan, pasangan yang dicambuk hari ini, dua pasangan diantaranya ditangkap di hotel. Sementara satu pasangan lagi, ditangkap di sebuah rumah makan.

“Tidak ada satu pun warga Banda Aceh yang dihukum cambuk hari ini, semuanya itu dari luar daerah Banda Aceh,” demikian ujarnya. (Hafiz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *