Kasus Rusuh 22 Mei 2019,
Dompet Dhuafa Alami Tindakan Represif oleh Oknum Aparat

JAKARTA | AcehNews.net – Forum Zakat yang melakukan aksi kemanusian dengan menurunkan tim medis pada aksi damai 22 Mei 2019 di depan gedung Bawaslu Jakarta. Pada saat itu, Dompet Dhuafa mengalami tindakan represif dari oknum aparat.

Dalam penyataan siaran pers nya, Kamis (23/5/2019), Ketua Umum FOZ, Bambang Suherman mengatakan, pihaknya sudah mengeluarkan beberapa butir penyataan sikap, antaranya mengingatkan kepada aparat yang berwenang bahwa tindakan pemeriksaan berlebihan yang dilakukan oknum aparat kepada tim medis Dompet Dhuafa yang sedang bertugas pada unjuk rasa Kamis dini hari tadi, dapat diduga merupakan pelanggaran Pasal 11, Pasal 24-27, Pasal 36, dan Pasal 37 Konvensi Jenewa dimana petugas kesehatan harus dihormati dan dilindungi dalam segala keadaan.

Kemudian kata Bambang, Forum Zakat juga meminta aparat pengamanan untuk lebih bijaksana dalam bertugas, khususnya kepada relawan kemanusiaan yang bertugas membantu para korban.

“Kami juga mengimbau masyarakat Indonesia agar tetap bersikap tenang dalam merespon isu-isu yang bergulir beberapa hari ini. Juga mengimbau masyarakat Indonesia agar tetap menjaga kedamaian dan persatuan bangsa Indonesia,” ujarnya.

Forum Zakat dalam penyataan sikapnya mengimbau kepada seluruh Organisasi Pengelola Zakat (Baznas dan LAZ) untuk tetap konsisten dan profesional membantu siapapun dan dimanapun yang terkena musibah dan membutuhkan pertolongan, terlebih yang bersifat emergency.

“Kami mengimbau seluruh anggota FOZ untuk ikut menyebarkan pesan perdamaian dan solidaritas baik kepada masyarakat umum, penggiat medis dan kemanusiaan, serta kepada aparat pengamanan yang sama-sama bertugas,” tegasnya.

Bambang berharap kejadian Kamis dini hari semoga tidak terluang kembali dan Indonesia segera kondusif.

Sementara itu Sekjend FOZ, Nana Sudiana menambahkan, diturunkannya tim medis pada aksi damai 21-22 Mei lantaran pihaknya mencermati dan melihat situasi yang terjadi akhir-akhir ini di Jakarta sebagai dampak dari adanya perbedaan cara pandang hasil Pemilu.

Untuk itu menurutnya,Forum Zakat ikut terlibat dalam merespon dampak kemanusiaan yang ditimbulkan. “Lembaga-lembaga anggota Forum Zakat menerjunkan tim medis dan tim pendukung lainnya untuk membantu korban-korban yang menderita, dianteranya gangguan kesehatan, luka-luka, dan dampak lainnya yang lebih parah,” demikian jelasnya.

Forum Zakat sangat menyayangkan upaya kemanusiaan yang dilakukan oleh lembaga-lembaga anggota Forum Zakat harus mengalami tindakan represif yang dilakukan oleh oknum aparat. Salah satu yang mengalami tindakan pemeriksaan berlebihan adalah lembaga kemanusiaan sekaligus lembaga zakat Dompet Dhuafa. (Saniah LS/ril Photo by Ist)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *