Difteri Serang Balita di Aceh Besar

BANDA ACEH – Seorang anak bawah lima tahun dirawat intensif di Rumah Sakit Umum dr Zainoel Abidin Banda Aceh akibat didugat kuat menderita penyakit difteri.

Balita asal Kecamatan Darussalam, Aceh Besar, itu telah dirawat di ruang isolasi khusus selama tujuh hari terakhir. Hasil diagnosa dokter menyimpulkan bahwa balita tersebut menderita difteri.

Kesimpulan ini berdasarkan ciri-ciri yang bersangkutan saat dibawa ke rumah sakit Zainoel Abidin beberapa waktu lalu. dr Raihan, S.PA, menyebutkan, balita tersebut mengalami demam, nyeri di kerongkongan, dan suara mendengkur.

Dalam pemeriksaan pada seorang dokter spesialis di Banda Aceh, anak tersebut juga mempunyai selaput tipis di jaringan amandelnya. “Sangkaan kita dalah difteri,” ujar dr Raihan kepada wartawan di RSUZA, Jumat (13/2/2015).

Diagnosa itu juga diperkuat dengan ditemukan dua kasus yang sama di desa asal balita tersebut. “Saat ini kita sudah mengirimkan sampel untuk pemeriksaan di lab, di Surabaya,” ujar Raihan.

Saat ini balita Darussalam itu dirawat intensif di ruang isolasi khusus. Pasalnya, difteri merupakan penyakit menular. “Kondisinya sudah mulai membaik sekarang,” kata Raihan.

Hingga Februari 2015, RSUZA telah menangani 12 kasus penderita difteri, tiga di antaranya meninggal. (acehkita)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *