Di Banda Aceh, Warga yang Vaksinasi Covid-19 Dapat Gula dan Minyak Makan Gratis

BANDA ACEH | AcehNews. Net – Pemerintah Kota Banda Aceh menggelar program vaksinasi Covid-19 bagi lanjut usia, (Lansia) dan vaksinasi massal bagi masyarakat umum, di Taman Bustanussalatin (Taman Sari), Rabu (7/7/2021).

Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman hadir melihat langsung vaksinasi massal tersebut. Dalan kesempatan itu, Aminullah mengatakan, dunia sedang dihadapkan pada pandemi Covid-19. Di Indonesia, sebut Walikota, pandemi telah menewaskan 61,000 jiwa dan menginfeksi lebih dari 2,3 juta orang.

“Jika kita lihat data di Banda Aceh, per kemarin, 6 Juli 2021 ada 4,288 warga Banda Aceh yang terkonfirmasi Covid-19, dan 153 orang meninggal dunia selama pandemi ini berlangsung,” ungkapnya.

Di samping itu, Aminullah juga mengatakan Pemko baru saja mendapat instruksi dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk memperketat penerapan PPKM mulai 6 hingga 20 Juli 2021 mendatang.

“Mungkin ini sangat tidak menyenangkan bagi kita semua, segala aktifitas hanya bisa sampai dengan pukul lima sore, maka kami pun harus melakukan hal ini demi keselamatan bersama,” kata Aminullah.

Kemudian, Aminullah mengatakan saat ini warga Banda Aceh yang sudah ikut vaksin per 5 Juli, ada sebanyak 50.218 jiwa. Rincinya untuk dosis pertama dan 27.720 jiwa untuk dosis yang kedua. Capaian realisasi vaksinasi ini, menurut Walikota tertinggi dari seluruh daerah di Provinsi Aceh.

Ia pun optimis Pemko Banda Aceh akan terus mengejar target vaksinasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah sebesar 60 persen. Baik itu kepada tenaga kesehatan, pelayan publik, serta Lansia.

“Dan saya berharap seluruh instansi pemerintahan dan seluruh masyarakat untuk mengikuti solusi yang dianjurkan oleh pemerintah, bahkan ini anjuran dari WHO (World Health Organization). Dan ini adalah ikhtiar kita bersama. Jika kita mengikuti ihktiar ini maka Allah akan memberikan hasil yang baik bagi kita,” ujarnya.

Aminullah pun mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang hadir memgikuti vaksin hari ini, terkhusus kepada para nakes sebagai garda terdepan dalam penangan Covid-19.

Kadis Kesehatan, Lukman menambahkan, vaksinasi diprioritaskan bagi Lansia. Pihaknya juga berkoordinasi dengan para camat dalam memfasilitasi Lansia dari rumah ke lokasi vaksinasi di Taman Sari.

“Kita siap dengan 24 tim vaksinator, yang terdiri dari 11 Pukesmas dan dari rumah sakit swasta, juga RS Meuraxa. Target hari ini 500 jiwa, Pemko juga menyediakan hadiah langsung berupa gula pasir dan minyak goreng masing-masing satu kilogram, khusus warga Banda Aceh,” kata Lukman.

Salah seorang warga yang ikut vaksinasi Covid-19 di Taman Sari, sebut saja namanya Bunga, mengatakan, ia telah melakukan vaksinasi. Menurutnya tak ada yang perlu ditakutkan. Apalagi habis vaksin ia bisa membawa pulang gula dan minyak makan gratis yang ‘dihadiakan’ Pemko Banda Aceh kepada warganya.

“Alhamdulillah saya sudah vaksin. Vaksin gratis dan juga bisa bawa pulang gula dan minyak makan gratis,” katanya sambil tersenyum bahagia. (Saniah LS)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *