Bupati Aceh Tengah Raih Penghargaan MKK Tahun 2021 dari BKKBN RI

JAKARTA | AcehNews. Net – Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar, Selasa (16/11/2021) menerima Piagam Penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) dari Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Republik Indonesia (BKKBN-RI), Dr. (H.C.) Hasto Wardoyo, Sp.OG (K). Penyerahan Tanda Penghargaan tersebut berlangsung di Ruang Rapat VIP Kantor BKKBN Jakarta.

Anugerah yang diterima oleh Bupati ke sekian kali tersebut, merupakan penghargaan kepada Bupati Aceh Tengah yang dinilai telah memberikan dukungan dan sukses menjalankan program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) di daerahnya.

Sebagaimana telah diberitakan sebelumnya, secara virtual Bupati Shabela Abubakar, pada momentum Hari Keluarga Nasional (HKN) ke-28, pada 29 Juni lalu, telah dinyatakan sebagai salah seorang Kepala Daerah (bupati/wali kota) di Indonesia yang meraih Penghargaan Tertinggi Manggala Karya Kencana (MKK).

Manggala Karya Kencana (MKK) sendiri merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Pemerintah Pusat melalui BKKBN RI kepada Gubernur/Bupati/Walikota yang dinilai mempunyai dedikasi tinggi terhadap program Bangga Kencana.

Kehadiran Shabela Abubakar di Kantor BKKBN RI di kawasan Halim Perdanakusuma, Jakarta, diterima langsung oleh Kepala BKKBN, Hasto Wardoyo. Dalam kesempatan tersebut Hasto menjelaskan bahwa penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi pihaknya kepada Bupati Aceh Tengah atas prestasi, komitmen, dan kepemimpinannya dalam menggerakkan program Bangga Kencana di daerahnya.

“Penghargaan ini merupakan wujud apresiasi kami kepada Bupati Aceh Tengah atas prestasi, komitmen serta kepemimpinannya dalam mewujudkan keluarga yang berkualitas dan penduduk tumbuh seimbang,” ungkap Hasto.

Hasto juga memuji keberhasilan bupati dan Tim Penggerak PKK yang telah menunjukkan komitmennya untuk medukung dan mengerakkan program keluarga berencana.

“Aceh Tengah ini, luar biasa karena pada tahun ini Bupatinya yang menerima penghargaan, dan tahun sebelumnya, perhargaan serupa juga berhasil diraih oleh Ketua TP PKK nya, tentunya ini merupakan wujud dan upaya perhatian yang sangat luar biasa dari Pimpinan Daerah terhadap berjalannya program Bangga Kencana dari BKKBN, prestasi yang diraih ini telah melalui penilaian atas indikator dengan sangat teliti,” kata Hasto.

Salah satu indikator keberhasilan tersebut adalah dalam pelaksanaan program penanganan stunting, dengan berhasilnya program ini, kata Hasto, tidak akan ada lagi stunting dan anak-anak Indoneaia ke depan akan semakin cerdas.

Sementara itu, Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar dalam kesempatan itu mengucapkan, rasa terima kasihnya kepada BKKBN RI yang telah memberikan penghargaan MKK kepadanya.

“Ini merupakan hasil kerja keras kami bersama jajaran yang terus berkomitmen dan bersungguh-sungguh fokus dalam mengemban amanah meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Aceh Tengah,” ujar Shabela.

Ke depannya, lanjut Bupati Shabela, diharapkan agar kita dapat semakin solid hingga akan meraih berbagai penghargaan lainnya, yang tentunya akan berdampak bagi meningkatnya kesejahteraan masyarakat di Aceh Tengah khususnya.

Secara terpisah Kepala Perwakilan BKKBN Aceh, Drs.Sahidal Kastri, M.Pd di Banda Aceh, mengatakan, penghargaan yang diraih Bupati Aceh Tengah, tidak diberikan kepada sembarangan orang dan penilaian langsung dilakukan oleh pihak BKKBN RI di Jakarta.

Beberapa hal yang menjadi penilaian, sebut Sahidal, sejauh mana keterlibatan kepala daerah dalam melaksanakan program Bangga Kencana di daerahnya.

“Tingkat kepedulian dan peran serta Bupati Aceh Tengah dinilai cukup tinggi, makanya BKKBN Pusat memberikan penghargaan itu kepada Bapak Bupati Shabela,” ucap Sahidal Kastri.

Turut serta mendampingi Bupati Aceh Tengah pada kesempatan tersebut, Kadis KBP3A, Drs. Alam Syuhada, MM, Kadis Sosial, Aulia Putra, S.STP, M.Si, Plt. Kadis Kesehatan, dr. Yunasri, M.Kes serta Plt. Direktur UPTD Rumah Sakit Umum Daerah Datu Beru Takengon, dr. H. Gusnarwin, Sp.B. (Saniah LS)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *