Biaya Diprakirakan Rp1,2 Miliar,
Bupati Aceh Tengah Bantu Biaya Perobatan Bayi Penderita Atresia Bilier  

AcehNews.net|TAKENGON – Setelah kunjungannya beberapa waktu lalu, Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin kembali menjenguk balita penderita Atresia Bilier, Hurin, Senin (11/1/16) di kediamannya Kampung Blang Kolak I, Kecamatan Bebesen.

Kunjungan Pak Nas (panggilan akrab Bupati Aceh Tengah) berlangsung singkat disertai dialog ringan menanyakan kondisi terakhir Hurin kepada Ibunya, Cut Linda. Sekilas terlihat Hurin sudah mulai mengoceh sendiri seiring dengan usianya yang sudah memasuki fase 8 bulan. Namun, meskipun badannya terlihat menguning, bahkan kesan kuning sangat kentara terpancar dari dua matanya, Hurin tampak betah digendong Ibunya.

“Sudah terlihat semakin sehat ya,” ucap Pak Nas membandingkan kondisi Hurin dari sebelumnya.

“Iya pak, mungkin dulu karena pengaruh selang susu, walaupun terkontrol asupan makanannya tapi sangat mengganggu, jadi saya inisiatif untuk menghentikan penggunaan selang,” jawab Cut Linda menerangkan kondisi Hurin.

Cut Linda mengakui saat ini pihaknya masih terus menggalang dana untuk pengobatan Hurin yang diperkirakan mencapai Rp1,2 miliar.

“Ada beberapa donatur yang sudah memberikan bantuan, tapi memang masih sangat jauh dari yang dibutuhkan, kami juga nanti mengajukan permohonan kepada Gubernur Aceh,” kata Linda.

Pak Nas menyahuti keinginan Cut Linda dan akan meneruskan permohonannya dalam bentuk rekomendasi.

Cut Linda turut berkisah, selama sebulan terakhir dia bersama suami sudah meminta rujukan RS Zainoel Abidin untuk pengobatan Hurin lebih lanjut di RSCM Jakarta.

Namun, ujuk-ujuk surat rujukan didapat, pihak RS Zainoel Abidin menurutnya terlebih dahulu akan mendiagnosa ulang penyakit Hurin yang notabene sudah mendapat kepastian dari pihak RSCM Jakarta untuk mendapat tindakan operasi transplantasi hati.

“Apa boleh buat, kami akan tetap bawa Hurin ke Jakarta, walaupun tanpa rujukan dari Banda (RS Zainoel Abidin),” kata Linda.

Kunjungan Pak Nas kali ini juga turut menyampaikan sumbangan PNS Aceh Tengah sebesar Rp15 Juta untuk membantu kebutuhan pengobatan Hurin. Jumlah tersebut merupakan sumbangan lanjutan dari sebelumnya yang sudah diserahkan terlebih dahulu sebesar Rp20 juta. (Ads)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *