BMKG Temukan 22 Titik Api di Aceh

BANDA ACEH – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Blang Bintang, Aceh Besar, menemukan 22 titik api (hotspot) di wilayah Aceh melalui pemantauan Citra Satelit Modis dan Aqua pada Selasa sore (30/6/2015).

Prakirawan Nasrol Adil mengatakan, ditemukan 22 titik api yang tersebar di beberapa kabupaten di Aceh. Menurutnya, Rabu (1/7/2015), keberadaan titik api terlihat di Aceh Selatan ada 6 titik api. Di Trumon 3 titik api, Trumon Timur 2 titik api, dan Bakongan 1 titik api.

Kemudian di Aceh Barat terlihat 3 titik api, masing-masing di Johan Pahlawan, Meurebo, dan Woyla. Kota Subulussalam 3 titik api, di Rundeng 2 titik api dan di Simpang Kiri 1 titik api.

Sedangkan di Teunom, Aceh Jaya terlihat 2 titik api, Aceh Singkil 2 titik api (Singkil Utara dan Surobaru), Terangon,Gayo Lues 2 titik api, dan Darul Makmur, Nagan Raya terdapat 2 titik api.

“Kalau di Kutepinang, Aceh Tengah, Lawealas, Aceh Tenggara masing-masing satu titik api,” sebut Nasrol Adil.

Beberapa waktu lalu, di Aceh juga ditemukan sekira 37 hotspot. BMKG dalam hal ini mengimbau masyarakat untuk tidak menambah panas dengan membuang bibit api seperti puntung rokok di sekitar kawasan hutan.

Selain itu, masyarakat sangat diharapkan tidak membuat api atau membuka kawasan hutan dengan membakarnya karena sangat rentan memicu kebakaran hutan. (saniah ls)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *