Banjir di Aceh Jaya Meluas, 262 Rumah Terendam

CALANG | AcehNews.Net – Hujan yang disertai angin kencang dalam beberapa hari inj tidak saja menyebakan banjir di Kabupaten Aceh Besar, tetapi juga banjir melanda wilayah tetangganya, Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh.

Bajir di Aceh Jaya dikabarkan meluas akibat luapan Sungai Krung Masin yang terjadi setelah hujan turun dengan intensitas tinggi pada Sabtu (10/7/2021).

Berdasarkan laporan dari Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Jaya, sekitar 262 unit rumah terendam banjir dengan Tinggi Muka Air (TMA) 20 hingga 70 sentimeter. Banjir tersebut juga telah berdampak pada 452 jiwa.

Adapun rincian wilayah yang terdampak banjir tersebut meliputi Desa Lam Tengoh, Desa Panton Krueng, Gampong Baro, Gampong Alue Gajah, Gampong Gunong Cut, Gampong Ujong Rimba, Gampong Sayeung dan Gampong Babah Dua.

BPBD Kabupaten Aceh Jaya telah meninjau lokasi, melakukan kaji cepat dan membantu proses evakuasi para warga yang terdampak bersama tim gabungan dari lintas instansi terkait.

“Dalam hal ini, kebutuhan yang mendesak di lapangan adalah sembako bagi para warga terdampak,” sebut petugas BPBD Aceh Jaya yang berada dilokais banjir.

Hingga siaran pers ini diturunkan, belum ada laporan mengenai korban jiwa. Cuaca masih dilaporkan berawan hingga hujan dengan intensitas ringan dan banjir belum surut.

Sementara itu, berdasarkan hasil prakiraan cuaca yang dikeluarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), wilayah Aceh masih berpotensi terjadi hujan lebat dan dapat disertai kilat/petir serta angin kencang hingga Selasa (13/7/2021). (San)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *