Atraksi Barongsai Sambut Imlek Pukau Warga Kota  

BANDA ACEH – Atraksi Barongsai yang digelar SMA Methodist, Banda Aceh untuk memeriahkan perayaan Tahun Baru Imlek 2566 yang jatuh pada 19 Februari 2015 akan datang. Pementasan yang disajikan tim binaan Yayasan Hakka Aceh itu, disaksikan ratusan siswa, serta warga Banda Aceh.

Atrasi dalam rangka menyambut Tahun Baru Implek tersebut ditampilkan kali ini sedikit berbeda dengan atraksi sebelumnya.  Kalau biasanya hanya melompat di  atas bangku kayu yang disusun, kini ke atas puluhan tiang panca dengan ketinggian 30 centimeter dipermulaan hingga 2,5 meter. Bahkan diatraksi dramatis itu, mereka bisa berdiri berdua di atas satu tiang dengan lingkaran sekitar dua jengkal orang dewasa.

Dalam rangkaian acara bertemakan “Sweet Oriental Imlek 2015” itu, selain barongsai, siswa sekolah turunan etnis China itu juga menampilkan tarian Aceh ranup lampuan serta tarian kipas khas thionghoa. Hal itu dilakukan untuk menunjukan keberanekaragaman budaya  di Aceh.

“Tahun lalu kita lakukan masing-masing unit. Ini kita merayakan dengan bersama-sama. Demi keberagaman,” kata Pimpinan Perguruan Sekolah Methodist Banda Aceh, Nisa, beberapa hari lalu, di Banda Aceh.

Namun, walaupun tahun baru Imlek jatuh pada 19 Februari nanti, katanya perayaannya sudah dimulai digelar, supaya anak-anak sekolah bisa menyaksikan, karena memanfaatkan hari libur sekolah.

Ketua Hakka Aceh, Kho Khie Siong mengatakan, tim barongsai binaan mereka sudah siap tampil dimana saja. Apalagi sudah menggunakan standar internasional, yaitu atraksi di atas tiang. Karena tahun lalu, tim Golden Dragon ini sudah dibekali dengan latihan khusus di Jakarta, supaya bisa tampil diajang internasional.

“Mei mendatang tim kami akan ikut kompetisi di Jakarta,”ujarnya.

Tim Golden Dragon juga sebelumnya sudah tampil dibeberapa pentas seni di Aceh, serta pernah berkolaborasi dengan tarian Aceh, seudati, dan rapai geleng. (agus)

 

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *