Akibat Lahan Terbakar, Perumahan Warga Diselimuti Kabut Asap

AcehNews.net|TAPAKTUAN – Perkebunan milik masyarakat di Desa Ujung Padang, Kecamatan Kuta Bahagia, Kabupaten Aceh Selatan. Terbakar. Kejadian ini sudah berlangsung selama seminggu yang mengakibatkan, perumahan penduduk diselimuti kabut asap. Kebakaran ini sempat meluas hingga merambah perkebunan sawit milik masyrakat setempat.

Berdasarkan informasi dari masyarakat, kebakaran yang melanda kawasan Brahan, Desa Ujung Padang, Kecamatan Kuta Bahagia, telah berlangsung selama sepekan. Kondisi cuaca mengakibatkan kobaran api terus meluas. Dugaan sementara  sumber  api berasal dari pembakaran oleh warga untuk pembukaan lahan perkebunan baru.

Menurut salah satu warga, kabut asap terasa disaat pagi menjelang siang, waktu itu s masyarakat sedang melakukan aktifitas di luar rumah. Suasana ini membuat pandangan terganggu dan berdampak menimbulkan serangan inspeksi saluran pernapasan (ISPA).

“Masyarakat berharap pemerintah daerah cepat mengambil tindakan sebelum kobaran api meluas ke lokasi lain. Jika tidak diantisipasi, kemungkinan kebakaran lahan terus meluas hingga ratusan hektare,”  sebut Hamid, Rabu (02/03/2016).

Kepada AcehNews.net dihari yang sama, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Erwiandi, S.Sos, M.Si, mengatakan, “saat ini kawasan Bakongan dan sekitarnya diselimuti kabut asap dikhawatirkan dapat mengancam kesehatan masyrakat sekitar. Untuk mengantisifasi  meluasnya kebakaran,BPBD menurunkan  dua unit mobil (Damkar) ke lokasi”.

Sementara itu Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan (Dishutbun) Aceh Selatan, Ir Teuku Masrul, saat dikonfirmasi mengatakan, anggotanya sudah turun ke lokasi untuk meninjau kebakaran. Lahan yang terbakar itu bukan hutan tetapi kebun sawit warga dan lahan gambut. Namun, apabila tidak segera ditanggunglangi bisa membakar ratusan hektare lahan perkembunan milik masyarakat.

“Pemadaman sulit di lakukan  karena lokasi kebakaran berada di pedalaman. pasalnya, sarana pemadam kebakaran kita hanya mengandalkan Damkar dan Secara manual. Sehingga upaya yang dikerahkan terkendala dan lambat. Mengatasi hal ini kita akan berkoordinasi dengan BPBD dan dinas teknis lainnya,” ucap T. Masrul.

Kapolres Aceh Selatan, AKPB Achmadi melalui Sat Reskrim Kanit II Tipiter Ipda Adrianus T, SE yang turun ke lokasi mengatakan, aparat kepolisian  sedang melakukan penyelidikan atas pembakaran lahan di Ujung Padang, Kuta Bahagia yang terus meluas hingga diperkirakan mencapai 50 hektare. Apabila tidak padam dalam waktu dekat maka kobaran api akan merambah ke lahan terdekat yang luasnya mencapai ratusan hektare.(ii tarigan)

 

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *