Aceh Raih Peringkat Pertama iBangga, Gubernur Beri Apresiasi

BANDA ACEH | AcehNews. Net –
Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Aceh, Sahidal Kastri, melaporkan Indeks Pembangunan Keluarga (iBangga) Aceh meraih peringkat terbaik pertama secara nasional, kepada Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, Senin (17/1/2022, secara virtual.

Selanjutnya Hasil kerja dan pelaksanaan Program Bangga Kencana di Provinsi Aceh tahun 2021, Sahidal mengatakan, ada hal yang menggembirakan dalam capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana).

“Alhamdulillah, Aceh, Indeks Pembangunan Keluarga (iBangga) meraih peringkat terbaik pertama secara Nasional berdasarkan data PK, Pak Gubernur, Nova, minta prestasi ini dapat dipertahankan,” kata Sahidal kepada AcehNews. Net.

Adapun tiga indikator tersebut, papar Sahidal, yaitu pertama Indeks Ketentraman sebesar 63.69 persen, kedua Indeks Kemandirian 50.39 persen, dan ketiga Indeks Kebahagian 60.34 persen.

Selanjutnya, Sahidal menyampaikan, iBangga untuk Aceh sebesar 58.12 persen fan secara nasional iBangga 54.01 persen.

“BKKBN Aceh akan segera menyurati Bupati/Walikota di Aceh untuk mengucapkan terimakasih atas dukungannya selama ini dan mohon dukungan kembali terhadap pelaksanaan program Bangga Kencana mengingat masih banyak lagi tugas BKKBN dalam upaya mewujudkan keluarga yang berkualitas,” kata Sahidal.

Kaper BKKBN Aceh, Sahidal mengatakan, saat ini telah terbit Perpres No. 72/2021 bahwa BKKBN ditunjuk sebagai ketua pelaksana percepatan penurunan stunting di Indonesia.

“Secara nasional Aceh peringkat kelima kasus stunting dan saat ini justru menjadi peringkat ketiga, tentunya BKKBN Aceh tidak akan mampu mengemban amanah ini tanpa dukungan dari semua pihak, oleh karenanya BKKBN berkoordinasi dengan OPD-KB telah membentuk Tim Pendamping Keluarga dan akan bekerjasama juga dengan perguruan tinggi dalam upaya percepatan penurunan dan pencegahan Stunting di Aceh, ” demikian pungkas Sahidal. (Desi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *