Aceh Raih Inovasi Terbaik Penyelenggaraan Pendataan Keluarga 2021

BANDA ACEH | AcehNews. Net – Provinsi Aceh meraih penghargaan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Republik Indonesia (BKKBN RI) kategori Inovasi Terbaik dalam Penyelenggaraan Pendataan Keluarga Tahun 2021 (PK21).

Penghargaan ini diterima Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, secara virtual pada saat launching Hasil Pendataan Keluarga Tahun 2021, pada Kamis, (4/11/2021) di Jakarta.

Gubernur Aceh, Nova Iriansyah pada kesempatan tersebut mengatakan, keberhasilan Aceh menerima penghargaan
tersebut patut disyukuri. Penghargaan ini tidak terlepas dari koordinasi Perwakilan BKKBN Aceh dengan Pemerintah Daerah (Pemda), sehingga mendapatkan hasil PK 2021 yang akurat, cepat, dan memuaskan,” kata Gubernur Aceh.

Penghargaan dan apresiasi tersebut diberikan secara virtual oleh Kepala Badan BKKBN RI, dr. Hasto Wardoyo, dan dihadiri 34 Kepala Perwakilan BKKBN se-Indonesia.

Selanjutnya Gubernur Nova menuturkan,
Pendataan Keluarga 2021, telah melakukan berbagai upaya antaranya menerbitkan surat edaran Gubernur Aceh kepada bupati dan walikota se-Aceh untuk mensukses dan mendukung kegiatan tersebut. Kemudian melibatkan kader PKK dalam rangka penunjukan dan pengajuan kader pendata desa.

“Kita mengarahkan agar Perwakilan BKKBN Provinsi Aceh selalu berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan sektor terkait untuk mendukung kelancaran pelaksanaan PK 2021. Alhamdulillah hasilnya sangat memuaskan,” ujar Nova.

Berdasarkan laporan yang diterima Nova, pengimputan data keluarga di Aceh berjalan 100 persen. Ia mengimbau agar hasil pendataan tersebut dapat dimanfaatkan semua pihak untuk mendukung berbagai sektor pembangunan.

“PK 2021, bisa digunakan datanya untuk mempercepat penanganan penurunan stunting di Aceh, serta mensukseskan target 2024 Presiden Jokowi sebesar 14 persen di Indonesia,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Aceh juga menyampaikan terimakasih dan mengapresiasi kerja keras bupati/walikota dan seluruh kader PLKB di Aceh.

Kepala BKKBN RI, Hasto Wardoyo, menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh kepala daerah yang telah mendukung program pendataan keluarga 2021. Ia mengatakan, para kader tetap semangat melakukan pendataan di tengah pandemi Covid-19.

“Kita berhasil mendata 68 juta KK dan didatangi langsung oleh kader kita di masa pandemi ini. Lebih dari 50 variabel data yang dikumpulkan,” sebut Hasto.

Hasto mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk memberikan data ril dan data mikro kepada kepala daerah di Indonesia dan dapat digunakan untuk mendukung program kerja dan pembangunan SDM.

Ketua Panitia Acara yang juga menjabat Deputi Bidang ADPIN BKKBN RI, Sukaryo Teguh Santoso mengatakan, sebanyak 500 ribu lebih kader PLKB di seluruh Indonesia dilibatkan untuk melakukan pendataan keluarga selama tiga bulan, yaitu dari 1 April hingga 31 Juni 2021.

Sukaryo mengatakan, seluruh kader PLKB mendata dan menghimpun informasi setiap keluarga. Kemudian mereka juga mendata data kondisi fisik balita pada setiap keluarga berupa berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala. Data tersebut penting untuk mendukung upaya percepatan penurunan stunting di Indonesia. (Saniah LS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *