Aceh-Perlis Akan Bangun Tiga Sektor Kerja Sama  

BANDA ACEH  – Walikota Banda Aceh, Hj Illiza Sa’aduddin Djamal SE menjamu makan malam Raja Muda Perlis, DYTM Tuanku Syed Faizuddin Putra beserta delegasi Universiti Malaysia Perlis (UniMAP) di Aula Lantai IV Balai Kota Banda Aceh, beberapa hari lalu, 14 Februari 2014. Dalam pertemuan itu Tuanku Syed Faizuddin Putra menyampaikan tiga aspek keraja sama yang akan dibangun antara Aceh dan Perlis.

Hadir pada jamuan makan malam Walikota Banda Aceh tersebut,  isteri Wagub Aceh, Marlina Usman, Rektor Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI), Marniati SE MKes, Sekdako Banda Aceh, Ir Bahagia Dipl SE, para Asisten, Staf Ahli, dan sejumlah Kepala SKPD di lingkungan Pemko Banda Aceh.

Mengawali sambutannya, Tuanku Syed Faizuddin Putra mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Banda Aceh dan Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI) yang menerima kunjungan dari delegasi UniMAP. “Sesungguhnya, pertemuan ini bakal mengeratkan lagi hubungan yang telah terjalin antara UniMAP, Perlis, Aceh, dan UUI pada khususnya,” katanya.

Raja Muda Perli mengatakan, hubungan Malaysia dan Indonesia telah terjalin sejak lama. Ia yakin hubungan ini akan dapat terus dilanjutkan pada banyak sektor, terutama pada tiga aspek potensi kerja sama Aceh-Perlis. Ketiga aspek potensi kerja sama Aceh-Perlis, sebut Tuanku Syed Faizuddin Putra yaitu industri halal, pariwisata, dan pendidikan sebut Raja Muda Perlis Malaysia.

Rektor UUI Murniati menambahkan, UUI dan UniMAP, telah lama menjalin kerja sama. Visi UUI untuk menjadi world class cyber university tentu tidak jauh berbeda dengan visi UniMAP dan Pemko Banda Aceh.

Sementara itu, Walikota Banda Aceh, Illiza dalam sambutan singkatnya, mengharapkan dengan kehadiran Raja Muda Perlis beserta rombongan ke Banda Aceh semakin memperkuat ukuwah Islamiah antar kedua daerah.

“Banda Aceh yang akan berusia 810 tahun pada April 2015 nanti, pernah luluh lantak dilanda gempa dan tsunami 2004. Malaysia pasca awal-awal bencana hingga sekarang banyak membantu Aceh,” kata walikota.

Selesai member kata sambutan dalam jamuan makan malam itu, para undangan malam dihibur dengan penampilan Tari Likok Pulo dan Rapai Geleng. Acara kemudian ditutup dengan pertukaran cenderamata dan foto bersama. (zoel m)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *