Aceh Lanjut PPKM, Level Menurun

BANDA ACEH | AcehNews.net – Aceh tetap melanjutkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), meski kini provinsi paling ujung Pulau Sumatera ini sudah berada di level 1. Namun Pemerintah Aceh tidak menjelaskan secara jelas alasan dan hingga sampai kapan PPKM level 1 ini berlaku pada Oktober 2021.

Dalam Instruksi Mendagri yang dikeluarkan 4 Oktober itu disebutkan data terbaru dimana terdapat tiga kabupaten/kota di Aceh yang berada di level 1 PPKM.

“Daerah dengan situasi yang membaik itu yakni Kabupaten Aceh Tenggara, Kabupaten Aceh Utara, dan Kota Subulussalam,” sebut Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh Muhammad Iswanto, Selasa (5/10/2021), saat merilis data terkini penerapan PPKM sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri.

Selanjutnya ia menjelaskan, Kementerian Dalam Negeri telah mengeluarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 48 Tahun 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, 3, 2 dan 1 serta Mengoptimalkan Posko Penanganan Covid-19 di Tingkat Desa untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 di Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi Maluku dan Papua.

Merunut atas intruksi tersebut, Iswanto menyampaikan tiga wilayah dengan level 1, 13 wilayah lainnya yang berada di level 2 PPKM. Ketigabelas wilayah itu, paparnya, yaitu Kabupaten Aceh Selatan, Aceh Barat, Aceh Singkil, Bireuen, Aceh Barat Daya, Aceh Jaya, Nagan Raya, Aceh Tamiang, Bener Meriah, Pidie Jaya, Kota Sabang, Lhokseumawe, dan Langsa.

Selanjutnya untuk PPKM level tiga, sebut Ka. Biro Humas Pemerintah Aceh, masing-masing berlaku terhadap tiga wilayah, yakni Kabupaten Aceh Timur, Aceh Tengah, Aceh Besar, Simeulue, Gayo Lues, dan Banda Aceh.

“Sedangkan untuk PKKM level empat di Aceh, hanya berlaku untuk satu Kabupaten saja, yaitu Pidie,” ujar Iswanto.

Iswanto menyebutkan, data terbaru itu menunjukkan perkembangan positif terkait penanganan Covid-19 di Aceh. Selain itu, Iswanto juga menyampaikan harapan pemerintah Aceh kepada seluruh masyarakat agar terus menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari serta menyukseskan vaksinasi.

“Kita harapkan ini bisa menjadi pintu awal menuju kekebalan kelompok sehingga pandemi ini dapat berlalu. Semakin tinggi persentase capaian vaksinasi suatu kabupaten/kota akan berpengaruh positif terhadap penurunan level PPKM,” demikian kata Iswanto.

Secara terpisah data kumulatif yang diterima AcehNews.net dari Satgas Penangganan Covid-19 Pemerintah Aceh, per 5 Oktober 2021, Para penyintas Covid-19, (yang sudah sembuh) sebanyak 34.572 orang dari 37.915 kasus. Sedangkan pasien Covid-19 yang sedang dirawat tinggal 1.371 orang. Meninggal dunia 1.972 orang. (Saniah LS)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *