Aceh Diguncang Gempa 5,2 SR

BANDA ACEH|AcehNews.net- Gempa bumi berkekuatan 5,2 Skala Richter (SR) menguncang wilayah ibu kota Provinsi Aceh, Banda Aceh dan sekitarnya. Gempa yang terjadi sekitar pukul 12.35 WIB itu mengejutkan warga hingga keluar dari rumah untuk mewaspadai bangunan rumah runtuh.

 

Bedasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di Mata Ie, Aceh Besar, menyebutkan gempa yang terjadi di 129 KM Barat Daya Kabupaten Aceh Besar itu tidak berpotensi tsunami. Lokasi gempa tersebut berada di 4.83 Lintang Utara dan 94.50 Bujur Timur dengan kedalaman gempa berada di 36 kilometer.

 

Salah seorang warga di Gampong Jawa, Yulia mengatakan, saat gempat terjadi dia bersama anaknya keluar rumah, untuk menghindari bangunan runtuh. Yulia juga mengaku saat itu sangat masih mengalami trauma gempa yang terjadi saat tsunami dan pasca tsunami beberapa tahun lalu yang menelan korban jiwa di Aceh Tengah dan Tangse, Pidie yang dapat dirasakan di Banda Aceh.

 

“Sudah lama tidak terjadi gempa, dan saya benar-benar kaget,” tuturnya.

 

 

Gempa bumi berkekuatan  5,2 SR yang terjadi Rabu siang kemarin dapat dirasakan di Banda Aceh dan Aceh Besar. Kekuatan gempa menurut BMKG terjadi di  129 KM Barat Daya Kabupaten Aceh Besar yang tidak berpotensi tsunami itu telah mengejutkan warga yang masih diselimuti suasana lebaran Idul Fitri 1436 Hijriah. (agus)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *