Aceh Bagian Barat Dilanda Hujan Lebat yang Disertai Angin Kencang

BANDA ACEH – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di Blang Bintang, Aceh Besar memperkirakan, angin kencang  akan melanda sejumlah wilayah di Aceh bagian Barat yang disertai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, pada sore hingga malam hari, dua hari ke depan, 9 hingga 10 Februari 2015.

Prakirawan cuaca Anang memprediksi, selain dua hari kedepan sejumlah wilayah di Aceh bagian Barat akan dilanda angin kencang yang disertai hujan. Kata Anang, angin ketinggian permukaannya sampai 3000 feet yang umumnya bertiup dari arah Timur dengan kecepatan 05 hingga 35 Km/jam.

“Kami melihat lewat Satelit Citra, terdapat daerah tekanan rendah, dimana angin berkumpul di wilayah pesisir Barat Aceh dengan kecepatan maksimum 53 kilometer per jam. Untuk itu BMKG meminta masyarakat agar berhati-hati dengan kondisi cuaca dalam dua hari ini. Apalagi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada sore hingga malam hari,”prediksi Anang.

Sebut Anang dua hari kedepan daerah yang dilanda hujan sedang hingga lebat yang disertai angin kencang yaitu Sinabang, Tapaktuan, Kutacane, Meulaboh, Singkil, Blang Pidie, Blang Kejeren, Calang, Karang Baru, dan Simpang Tiga Redelong,

Selain hujan lebat yang disertai angin kencang, 9 hingga 10 Februari diprakirakan BMKG juga terjadi gelombang tinggi di perairan  Banda Aceh dan Sabang dengan ketinggian maksimum 3 meter. Sementara perairan Utara dan Timur Aceh tinggi gelombang berkisar 0.75 hingga 2.5 meter. Untuk pantai Barat dan Selatan ketinggian gelombang mencapai maksimum 1.5 meter. (saniah ls)

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *