12 Hektare Lahan di Nagan Raya Terbakar

BANDA ACEH | AcehNews.net – Kebakaran lahan terjadi di Nagan Raya, tepatnya di Kecamatan Tadu Raya. Kebakaran lahan sekitar 12 hektare berada di kawasan Gampong Kuala Tripa Makmur dan Gampong Cot Mue di kecamatan setempat.

Kepala Pelaksana BPBA, Ahmad Dadek mengatakan, kebakaran lahan ini diketahui setelah adanya laporan dari masyarakat. Pemadaman api pun langsung dilakukan di lokasi lahan yang terbakar.

“Luas lahan yang terbakar di Gampong Kuala Tripa kurang lebih delapan hektare dan di Gampong Mue sekitar empat hektare. Total ada 12 hektare lahan yang terbakar,” ujarnya Selasa kemarin (2/7/2019).

Petugas BPBD Nagan Raya pun langsung mengerahkan dua unit mesin pompa air serta tiga unit pompa air milik PT. Fajar Bayzuri. Diketahui, seluruh lahan yang terbakar merupakan kawasan perkebunan milik PT Fajar Bayzuri.

“Api sudah padam di kedua lokasi lahan yang terbakar, petugas masih bersiaga di lokasi untuk mencegah adanya timbul titik api yang baru. Tim yang terlibat dari BPBD, Polres dan Kodim beserta jajaran serta masyarakat Nagan Raya,” demikian jelasnya.

Sementara itu, pihak BMKG memantau adanya lima titik api di Aceh. Ini diketahui dari hasil pemantauan sensor Modis (Satelit Terra, Aqua dan Suomi NPP). 

Titik panas yang terpantau ada di Kecamatan Tamiang Hulu, Aceh Tamiang sebanyak dua titik, di Kecamatan Kuta Panjang, Gayo Lues sebanyak dua titik dan di Kecamatan Darul Makmur, Nagan Raya sebanyak satu titik. (Teks: Hafiz Photo: Ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *