Yasarah, Raih Juara 3 Tilawah MTQ Tingkat Nasional di NTB

AcehNews.net|TAKENGON – Prestasi membanggakan ditorehkan oleh putri asal Gayo Aceh Tengah dalam perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur’an ke-26 di Nusa Tenggara Barat yang berlangsung 28 Juli – 6 Agustus 2016 lalu.

Namanya Yasarah, putri bungsu dari Misbahuddin dan Salamah ini mampu menyabet juara 3 cabang Tilawah Remaja Putri tingkat Nasional mewakili Provinsi Aceh.

Menurut pembimbing Yasarah, Tgk. Azhar Azis prestasi yang diraih oleh Mahasiswi semester III Fakultas Kedokteran Unsyiah merupakan penantian sejarah yang sangat panjang.

“Dulu dari Aceh Tengah pernah ada nama Zuraidah M. Din yang meraih Juara pertama Tilawah Remaja Putri pada MTQ Nasional ke-12 di Banda Aceh pada tahun 1981,” ungkap Azhar Azis, disela pelepasan Jama’ah Calon Haji (JCH) asal Aceh Tengah, Rabu kemarin (10/08/2016).

Azhar tidak ikut langsung mendampingi Yasarah selama pelaksanaan MTQ, namun dia mengaku secara intens berkomunikasi dengan Yasarah untuk memberi dorongan dan motivasi agar remaja putri itu lebih percaya diri.

“Untuk babak final lebih sulit, karena Maqrak diberikan 15 menit sebelum tampil, namun syukur Yasarah mampu mengatasi kesulitan itu,” ujar Azhar yang merencanakan Yasarah dapat tampil di cabang Tilawah Dewasa Putri pada MTQ kedepan.

Sementara Yasarah ketika ditanya tanggapannya mengungkapkan perasaan sedikit gugup ketika memasuki babak final, karena suasana panggung utama MTQ begitu semarak diramaikan penonton.

“Agak gugup juga, karena masyarakat yang menjadi penonton sangat antusias, bahkan sampai kedepan-depan, apalagi waktu itu tampil pertama,” ujar Yasarah yang hari itu didaulat untuk membaca beberapa Ayat Al-Qur’an ‎dalam seremoni pelepasan JCH Aceh Tengah.

Menanggapi prestasi yang diraih Yasarah, Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin mengungkapkan suatu kebanggaan bagi Aceh dan Aceh Tengah khususnya.

“Ananda Yasarah telah mampu berprestasi di level Nasional, ini sangat jarang terjadi, apalagi bagi Aceh Tengah terakhir pada tahun 1981, jelas suatu prestasi yang membanggakan, bagi Yasarah sendiri, bagi orang tuanya, pihak keluarga, dan masyarakat Aceh Tengah tentunya,” kata Nasaruddin.

Bupati yang akrab disapa Pak Nas ini lebih lanjut mengharapkan keberhasilan Yasarah membawa harapan untuk membangkitkan semangat anak-anak dan remaja Aceh Tengah agar lebih giat berlatih dan menempa diri sehingga mampu berprestasi di level Nasional seperti yang sudah ditorehkan Yasarah.(emka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *