Warga Aceh Timur Temukan Anak Gajah Gizi Buruk

BANDA ACEH – Warga Gampong Jambo Reuhat, Aceh Timur menemukan seekor anak gajah jantan di kawasan hutan daerah itu. Untuk perawatan, gajah itu dibawa ke Pusat Konservasi Gajah (PKG) di kawasan Saree, Aceh Besar.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Sapto Aji Prabowo di Banda Aceh, Senin 16 Januari 2017. “Gajah itu ditemukan Sabtu lalu, mungkin tertinggal dari rombongan kawanannya,” katanya.

Menurutnya, anak gajah tersebut dievakuasi oleh tim BKSDA dan tiba di Saree, Senin subuh. Gajah tersebut mengalami gizi buruk sesuai dengan pemeriksaan hasil medis. Kondisi badannya pun terlihat kurus. “Akibat lama terpisah dari induknya,” jelas Sapto.

Sesuai pemeriksaan, anak gajah masih masih berusia setahun. Harusnya berat badannya 250-300 kilogram. Tetapi anak gajah itu berbobot di bawah berat normal.

Di Saree, anak gajah akan mendapat perawatan tim dokter hewan dari Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala, supaya tubuhnya normal kembali.

Sapto menambahkan, di lokasi gajah itu ditemukan dalam kawasan perkebunan sawit, tim BKSDA juga menemukan bangkai gajah jantan yang diperkirakan berusia 30 tahun. Gajah mati terdapat lima luka tembakan dan tidak ada lagi gading di tubuhnya. (acehkita.com)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com