USAID Prioritas Hibahkan Buku Bacaan ke Sekolah Abdya

ACEH BARAT DAYA|AcehNews.net – Dalam rangka menggalakkan serta membangun budaya membaca dikalangan siswa-siswi SMP/MTs, dan SD/MI, USAID Prioritas menghibahkan sebanyak 3.252 buku bacaan.

USAID Prioritas DC Abdya, Yusrizal, beberapa waktu lalu di Kota Blangpidie mengatakan, salah satu program mereka  adalah menggalakkan program budaya baca di sekolah. Untuk mendukung kegiatan itu, rincinya sebanyak 1.200 buku SMP/MTs dan 2.250 buku SD/MI dihibahkan.

Yusrizal menjelaskan buku yang di hibahkan tersebut terdiri dari buku bacaan fiksi dan non fiksi dibagikan kepada delapan SMP/MTs dan 15 SD/MI mitra USAID Prioritas di Aceh Barat Daya.

Kemudian katanya lagi, sebelum didistribusikan terlebih dahulu dilakukan penyeleksian buku, kegiatan ini ikut melibatkan instansi terkait seperti Dinas Pendidikan dan Kemenag Abdya, kepala sekolah serta guru SMP/MTs dan SD/MI yang berasal dari sekolah mitra.

“Buku harus mengandung nilai moral dan budaya, ketaqwaan kepada Tuhan dan kepatuhan kepada orang tua.Hal ini dilakukan untuk memberikan buku yang layak baca, bermutu, dan ramah  bagi siswa,” jelas Yusrizal.

Adapun kriteria buku yang dihibahkan,  kata Yusrizal, bertuliskan dengan kalimat yang santun, judul buku dan gambar tidak mengandung unsur sara, vulgar atau menakutkan anak, dan tidak mengandung hal-hal magis, dan menakutkan bagi anak.

“Setiap sekolah diberikan kesempatan untuk memeriksa sendiri bukunya, kemudian buku yang layak baca dan tidak layak di pisahkan, pada akhir pemeriksaan seluruh peserta seleksi akan berdiskusi dalam  rapat plano secara bersama sama untuk menentukan buku yang layak baca bagi siswa yang nantinya buku tersebut yang akan diserahkan ke sekolah mitra,” jelas Yusrizal lagi.

Staf Kementrian Agama Abdya, Mursal yang ikut menyeleksikan buku mengatakan, buku ini nantinya akan distribusikan ke sekolah-sekolah. Dan dari hasil penyeleksian buku yang dhibahkan, dari 1200 buku yang diberikan terpilih 1.160 buku yang layak baca untuk SMP/MTs dan hasil seleksi buku SD/MI dari 2.250 buku yang diberikan  terpilih 2.092 buku yang layak baca.(nasruddin oos)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com