Tinggi Gelombang di Perairan Sabang dan Banda Aceh Capai 3,5 Meter

BANDA ACEH – Badan Meteorologi,  Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh di Blang Bintang, Aceh Besar memprakirakan dua hari ke depan, 23 hingga 24 Desember 2014, gelombang laut dengan ketinggian  maksimum 3,5 meter berpeluang terjadi di perairan Sabang dan Banda Aceh.

Prakirawan BMKG di Blang Bintang, Aceh Besar, Jaya Martuah Sinaga, Senin (22/12) memprakirakan gelombang tinggi tidak saja terjadi di perairan Sabang dan Banda Aceh dua hari ke depan, Selasa (23/12) dan Rabu (24/12), namun juga terjadi di perairan Utara dan Timur Aceh serta Barat dan Selatan Aceh dengan ketinggian 1,5 hingga 3 meter.

Menurut Jaya,  tingginya gelombang di perairan tersebut karena dari pantauan BMKG di sebelah Timur laut Aceh adanya pusat tekanan rendah. Sehingga angin ketinggian permukaannya sampai 3000 feet yang umumnya bertiup dari arah dari arah Timur dengan kecepatan 06 hingga 30 Km/jam.

“Masyarakat yang tinggal di pesisir, nelayar, dan pelayaran perlu hati-hati dengan kondisi gelombang tinggi yang disertai angin kencang tersebut. Selain itu, dua hari ke depan, Aceh masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan dan sedang yang terjadi disejumlah wilayah di Aceh,” kata Jaya mengingatkan kondisi cuaca yang masih belum bersahabat dua hari ke depan.

Sebut prakirawan BMKG ini,  wilayah yang berpotensi hujan turun dengan intensitas sedang yaitu Banda Aceh, Sabang, Langsa, Takengon, dan Subulussalam. Sedangkan sejumlah wilayah lainnya di Aceh, hujan yang turun dengan intensitas ringan.

Sementara itu, Selasa (23/12), prakiraan BMKG, masyarakat tetap perlu mewaspadai kondisi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih terjadi yang disertai petir sore dan malam hari meliputi keseluruhan wilayah di Kabupaten Aceh Timur, Aceh Utara, Aceh Selatan, Aceh Barat, dan Sekitarnya. (saniah ls)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com