Tinggi Gelombang di Perairan Barat dan Selatan Capai 2.5 Meter

BANDA ACEH – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Blang Bintang, Aceh Besar memprediksi dua hari ke depan, 4 hingga 5 Januari 2015, tinggi gelombang di perairan Barat dan Selatan Aceh mencapai maksimum 2.5 meter. Masyarakat yang tinggal di persisir, nelayan, dan pelayaran diminta senantiasa waspada dengan kondisi gelombang tinggi tersebut.

Prakirawan Suyitno TA menyebutkan, selain perairan Barat dan Selatan Aceh, gelombang tinggi juga dapat terjadi di perairan Sabang dan Banda Aceh yang berkisar 1.2 hingga 2.0 meter. Sedangkan di perairan Utara dan Timur Aceh, gelombang tingginya mencapai maksimum 1.5 meter.

“Pemicu gelombang tinggi disebabkan angin kencang yang bertiup di wilayah tersebut,” jelas Suyitno, Sabtu (3/1) melalui keterangan pers yang dikirimkannya.

Selain gelombang tinggi, dari amatan Satelit Citra diprakirakan Minggu (4/1) dan Senin (5/1) wilayah Aceh umumnya berawan hingga hujan ringan. Sementara angin yang bertiup ke permukaan ketinggiannya 3.000 feet umumnya bertiup dari arah Timur Laut dengan kecepatan 06-30 Km/jam. (saniah ls)

 

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com