Tekan Harga Cabai Kembali Normal, Bulog Gelar OP

AcehNews.net|BANDA ACEH – Harga cabai merah yang terus bertahan Rp100 ribu per Kilogram di Provinsi Aceh dalam beberapa minggu terakhir ini, membuat Perum Bulog Divre Aceh melakukan Operasi Pasar (OP).

Pantauan AcehNews.net harga cabai merah di pasar tradisional di wilayah Kota Banda Aceh pada Rabu (23/11/2016) mulai turun Rp10 ribu/Kg atau Rp90 ribu.

“Dalam rangka menekan harga cabai merah di pasaran, maka kami mengelar Operasi Pasar yakni ke pasar Kampung Ateuk, Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh,” kata Kepala Perum Bulog Divre Aceh Fatah Yasin kepada sejumlah awak media saat melakukan jumpa pers di salah satu warung nasi di Banda Aceh, Rabu (23/11/2016).

Bulog membeli cabai merah dari petani lokal dengan harga Rp73 ribu/Kg dan menjual kembali dengan harga Rp76 ribu/Kg kepada pedagang. “Operasi pasar ini akan terus dilakukan Bulog hingga harga cabai merah di pasaran kembali normal,” katanya lagi.

Namun, tambah Yasin, pembelian yang dilakukan Bulog dari petani cabai tidak terlalu banyak. Bulog membeli secukupnya lantaran takut cabai merah cepat membusuk.

“Kami sudah memerintahkan Kasub Divre gudang-gudang Bulog di Aceh harus tambah stok, bukan hanya beras aja, tapi minimal empat komoditi. Tetapi kalau yang rentan terhadap percepatan penurunan kualitas di petani aja, cuma kita on call,” jelas Fatah Yasin.

Pada kesempata itu, Yasin juga menyebutkan selain operasi pasar terahdap cabai merah pihaknya juga memiliki stok beras, gula dan minyak goreng yang cukup di gudang Bulog.

Sebutnya, stok yang ada di gudang Bulog yakni beras sebanyak 37 ribu ton dan gula sebanyak 5 ribu ton. Stok itu mencukupi hingga enam bulan kedepan. (agus)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com