Sumberpost UIN Beri Pelatihan Jurnalistik di Pidie

AcehNews.Net|BANDA ACEH – Unit Kegiatan Pers Mahasiswa (UKPM) Sumberpost Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, memberi pelatihan jurnalistik kepada siswa SMP dan SMA di sekolah Sukma Bangsaa Pidie pada Rabu sore (9/9/2015).

Sebanyak 25 siswa Sukma Bangsa yang merupakan anggota ekstrakulikuler (ekskul) fotografi di sekolah tersebut mengikuti pelatihan jurnalistik itu. Sementara pemateri dalam pelatihan tersebut dua petinggi di Sumberpost UIN, Pimpinan Umum UKPM Sumberpost, Zuhri Noviandi dan Pemimpin Redaksi, Abdul Hadi Firsawan mengisin materi penulisan berita foto jurnalistik.

“Berita itu laporan berdasarkan fakta. Jadi penulis berita nggak boleh kasih opini dalam beritanya, apalagi berita straight news. Opini bisa diambil dari pendapat ahli,” papar Hadi saat kepada 25 pelajar Sukma Bangsa Pidie.

Sementar itu, Pimpinan Umum UKPM Sumberpost, Zuhri Noviandi membawa materi teknik dasar fotografi mengenai eksposur, pengaturan iso, diafragma, dan shutterspeed. Ia juga menjelaskan, fotografi jurnalistik tidak direkayasa dan menampilkan fakta.

Sementara Pembina Ekskul Fotografi Sukma Bangsa Pidie, Muchlisan Putra mengatakan, ekskul fotografi yang sebelumnya bernama ekskul jurnalistik diadakan untuk menggali potensi siswa Sukma Bangsa dibidang menulis, dokumentasi, dan publikasi.

Kata dia, Ekskul ini (jurnalistik) jadi wadah untuk meningkatkan kemampuan siswa. Ekskul dilakukan seminggu sekali. Selain itu, ada juga ekskul dibidang seni, akademik, dan olahraga. “Kita di Sukma mengedepankan proses, jadi anak-anak itu kita gali potensinya di ekskul,” demikian kata Muchlisan usai pelatihan.

Ekskul jurnalistik menjadi program pendukung agar siswa Sukma Bangsa menjadi gemar membaca dan menulis. Diharapkan melalui ekskul jurnalistik, siswa bisa membangun kesadaran siswa untuk menulis dan membaca. (saniah ls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *